riau24 Banyak Pasutri di Rohul Belum Punya Buku Nikah | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Banyak Pasutri di Rohul Belum Punya Buku Nikah

0
‚ÄéRapat Isbat di Kemenag Rohul
Berita Riau -  Banyak Pasutri di Rohul Belum Punya Buku Nikah
Rohul, Riau24.com - Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan mengungkapkan, selama di 2015 ‎pihaknya yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama (PA) Pasirpangaraian dan Dinas kependudukan dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rohul, telah mengisbatkan sekitar 200 pasangan suami istri (Pasutri).
 
Ahmad Supardi menambahkan, Pasutri yang berjumlah sekitar 200 orang se Rohul merupakan pasutri yang memang tidak memiliki buka nikah. Dalam artian sudah menikah dan sah dimata Agama, namun tidak ‎sah dimata hukum.
 
"Ya kalau bahasa sekarang pasangan yang nikah Sirih. Jadi pernikahannya hanya sah dimata Agama, namu tidak sah di mata hukum. Untuk itulah kita bantu dengan program isbat nikah ini," katanya
 
Ahmad Supardi menjelaskan, untuk di Rohul masih banyak ditemukan pasutri yang tidak memiliki Buku Nikah. Tentunya hal ini akan berdampak pada pengurusan Administrasi kependudukan (Aminduk) ke depanya. Pasalnya, dalam pengurusan Akte kelahiran, haruslah memiliki ‎surat nikah orang tua.
 
Dengan begitu pengurusan Aminduk memerlukan surat nikah. Begitu pentingnya Buku nikah tersebut, melatarbelakangi program isbat nikah ini tetap dilanjutkan di 2016.
 
Ahmad menuturkan, pasutri yang tidak memiliki buku nikah di Rohul masih terbilang tinggi. Yang tertinggi masih di kecamatan Rambah, menurut data yang dimiliki, satu desa bisa mencapai 100 pasutri yang belum memiliki buku nikah.
 
"Kalau angka yang ril kami belum dapat, tapi yang jelas masih banyak pasutri yang belum punya buku nikah," tuturnya.
 
Lebih lanjut dijelaskannya, untuk di 2016 ini, pihaknya meminta kepada PA untuk  membuka sidang isbat di 16 kecamatan. Sehingga pasutri yang belum memiliki buku nikah bisa segera memiliki buku nikah,
 
‎Untuk di 2016 ini, pihaknya yang bekerjasama dengan PA, dan  Disdukcapil, akan membuka sidang Isbat secara permanen di empat Kecamatan. 
Yakni, Rambah, Kunto Darussalam, Kabun, dan Tambusai Utara.
 
‎Walaupun, membuka Sidang Isbat  secara permanen di empat kecamatan. ‎Pihaknya tetap akan membuka sidang isbat di kecamatan lainya, bila emang ada pesertanya, namun tidak permanen.
 
‎"Kita berharap dengan adanya sidang isbat ini, diharapkan pasutri bisa memiliki buku nikah, sehingga dalam pengurusan bisa berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya.

R24/red/ags 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru