riau24 Cegah Karhutla, 30 Kanal Dibangun Polres Bersama Perusahaan | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Cegah Karhutla, 30 Kanal Dibangun Polres Bersama Perusahaan

0
embuatan Kanal
Berita Riau -  Cegah Karhutla, 30 Kanal Dibangun Polres Bersama Perusahaan

Dumai, Riau24.com - Untuk mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2016, Kepolisian Resort (Polres) Kota Dumai menggandeng perusahaan membuat sekat kanal di hutan gambut yang rentan terjadi kebakaran. Sebanyak 30 kanal yang dibangun sudah selesai.

“ Salah satu usaha dan upaya yang kita lakukan untuk meminimalisir kabakaran hutan dan lahan di Kota Dumai yakni membangun sekat kanal di hutan maupun lahan yang rawan akan terjadinya kebakaran,” kata Kepala Polres Dumai AKBP Suwoyo SIK MSi, belum lama ini.

Menurutnya, sekat kanal dinilai efektif untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. “ Untuk itu kita menggandeng pemerintah dan perusahaan serta instansi terkait lainnya untuk membuat sekat kanal. Hingga saat ini sebanyak 30 kanal rampung dikerjakan,” sebut Suwoyo.

Dijelaskan Kapolres, sekat kanal yang dibuat, selain dapat berfungsi sebagai pembatas atau sekat juga berfungsi sebagai pasokan air. Dimana, jika terjadi kebakaran tim pemadam tidak kesulitan mencari air untuk memadamkan api.

Dibeberkannya, sesuai laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bulan Januari 2016 Dumai sudah memasuki musim kemarau akibat elnino.

“ Elnino akan membuat cuaca di Dumai ekstrem sehingga rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu saya menghimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan,” imbaunya.

Suwoyo menegaskan, pihaknya konsen untuk pencegahan karhutla di 2016. Jajaran Polres Dumai akan intens melakukan sosialisasi bahaya karhutla dan hukuman bagi pelaku pembakar hutan dan lahan juga mengaktifkan kegiatan patroli.

Sebagai tambahan, di tahun 2016 ini Polres Dumai telah mengamankan empat tersangka diduga pembakar lahan di dua tempat berbeda yakni di Kecamatan Medang Kampai dan Sungai Sembilan. Sebanyak 6 Hektar lahan pun telah terbakar.

“ Harapan kita di tahun ini, tidak ada lagi Karhutla. 4 orang yang diduga tersangka pembakaran lahan dan hutan adalah untuk pertama dan terkahir. Untuk itu, kembali saya meminta semua pihak untuk kerjasamanya dan mohon tidak membakar lahan dengan cara membakar,” tegas AKBP Suwoyo.

Terakhir, kepada masyarakat diharapkan dapat memberikan informasi kepada aparat penegak hukum apabila mendapati atau menemukan informasi tentang Karhutla ke no telpon 0812 6141 2814. 

Untuk Sarana dan Prasarana (Sarpras) pencegahan Karhutla, Polres Dumai telah menyiapkan 1 unit kendaraan double Cabin yang bisa menerjang segala medan, serta ada satu Global Positioning Sistem (GPS) yang bisa melacak keberadaan titik api.

R24/red/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru