riau24 Bayar Jaminan USD530 Juta, Keuangan Freeport Goyang | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Bayar Jaminan USD530 Juta, Keuangan Freeport Goyang

0
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Berita Riau -  Bayar Jaminan USD530 Juta, Keuangan Freeport Goyang
Jakarta, Riau24.com - Kesanggupan PT Freeport Indonesia membayar uang jaminan pembangunan smelter sebesar USD530 juta bukannya berdampak baik, tapi malah membuat kondisi keuangan perusahaan tambang tersebut turun.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, perusahaan tambang asal Amerika Serikat ini memang sudah memberikan respons kepada pemerintah dengan berusaha memenuhi salah satu persyaratan untuk mendapatkan kembali izin ekspor konsentrat tembaganya yang akan habis pada 28 Januari 2015.

Namun, Sudirman menjelaskan, mereka meminta pertimbangan lagi, karena turunnya situasi komoditas tambang dunia saat ini yang berdampak pada keuangan mereka nantinya.

"Saya sudah dapat update dari Pak Dirjen, intinya mereka akan berusaha memenuhi requirement itu. Tapi mereka minta dipertimbangkan situasi komoditi dunia, keuangan mereka," kata Sudirman di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Menanggapi hal itu, Mantan Direktur PT Pindad ini mengungkapkan akan mencari solusinya. Karena, sebetulnya yang harus dipenuhi Freeport itu adalah pembayaran bea keluar sebanyak lima persen. Sedangkan, untuk pembayaran uang kesanggupan itu adalah untuk melihat kesungguhan mereka.

"Yuk kita sama-sama cari solusi. Yang wajib banget itu yang lima persen. USD530 juta itu kita memberikan mereka kesempatan untuk membuktikan bahwa mereka sungguh-sungguh," ucap dia.

"Kita meminta USD530 juta itu adalah gap dari apa yang seharusnya mereka capai di lapangan," tambah dia.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru