riau24 Polres Dumai Imbau Masyarakat Waspada Uang Palsu | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Polres Dumai Imbau Masyarakat Waspada Uang Palsu

0
Ipda Aprizal menganalisa uang palsu dan asli
Berita Riau -  Polres Dumai Imbau Masyarakat Waspada Uang Palsu

Dumai, Riau24.com – “Waspada” uang palsu mulai beredar di Kota Dumai, salah satu pedagang yang ada di Kota Pelabuhan telah menjadi Korbannya, belum lama ini pada saat hendak menyetor uang penjualannya ke Bank, petugas menyatakan satu lembar uang pecahan RP 100.000, - miliknya dinyatakan palsu.

Kepala Polres Dumai AKBP Suwoyo melalui Kasat Reskrim AKP Herfio Zaki didampingi Kaur Identifikasi Ipda Aprizal, membenarkan adanya ditemukan uang diduga Palsu pecahan RP 100.000, belum lama ini.

Ia menceritakan, kejadian berawal dari seorang pedagang yang hendak menyetorkan uang hasil dagangannya ke Bank BRI yang berada di Mapolres Dumai tepatnya disamping ruangan Identifikasi Sat Reskrim Polres Dumai. Namun, satu lembar uangnya dinyatakan palsu.

“ Mendapat informasi tersebut saya langsung mendatangi pihak Bank, lalu mengamankan uang yang diduga palsu tersebut yang sebelumnya dicoret terlebih dahulu oleh Petugas Bank,” ujar Ipda Aprizal yang biasa disapa Pak Kumis.

Lanjutnya, uang diduga palsu tersebut dianalisa. Apabila dibandingkan yang palsu dan yang asli tidak terlihat perbedaannya secara kasat mata, dilihat ,diraba dan diterawangpun tidak terlihat perbedaannya.

“Secara Kasat mata tidak tampak perbedaannya, namun setelah disinari pakai lampu Ultra Violet (UV), tampak perbedaan yang signifikan, yang mana uang diduga palsu memantulkan cahaya UV, sedangkan yang asli memyerap cahaya UV tersebut,” terang Aprizal.

Selanjutnya dari segi ukuran, uang yang diduga palsu jika dibandingkan dengan yang asli, tampak sedikit lebih lebar dan panjang, hanya selisih 0.5 mm saja. “Bedanya yang asli dan yang palsu bisa dilihat dari ukurannya, uang diduga palsu lebih sedikit lebar dari yang asli,” bebernya.

Guna mengantisipasi hal tersebut, pihak Sat Reskrim Polres Dumai melakukan sosialisi untuk mengantisipasi peredaran uang diduga palsu.

“Kita sudah sosialisasikan temuan uang diduga palsu tersebut ke masyarakat, terutama pedagang, dan apabila ditemukan hal yang serupa, mohon segera untuk melaporkan hal tersebut ke Kantor Polisi terdekat,” pungkas Pak Kumis.

R24/red/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru