riau24 Kereta Cepat Indonesia Lebih Mahal dari Iran, JK Pun Bereaksi | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Kereta Cepat Indonesia Lebih Mahal dari Iran, JK Pun Bereaksi

0
Berita Riau -  Kereta Cepat Indonesia Lebih Mahal dari Iran, JK Pun Bereaksi

Riau24.com - Beredar informasi bahwa proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dinilai menghabiskan biaya yang jauh lebih mahal dibandung proyek kereta cepat di Iran.

Pembangunan kereta cepat di Indonesia dengan jarak 150 km tersebut menelan dana hingga USD 5,5 miliar. Sedangkan, pembangunan kereta di Iran dengan jarak 400 km hanya membutuhkan dana USD 2,73 miliar. Dan kedua proyek kereta cepat itu sama-sama dibangun oleh China Railway Engineering Corporation yang pembangunannya diperkirakan sama-sama rampung pada 2018.

Mengetahui kabar tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pun bereaksi dengan meminta akan proyek kereta cepat itu diverifikasi.

"Saya juga tadi sampaikan ke Dubes Cina untuk meminta verifikasi lebih lanjut atas informasi itu, dan dia akan janji untuk itu," ujar JK di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Lebih lanjut, JK mengatakan, pemerintah tak memberikan jaminan dalam proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Ia mengatakan, dalam kesepakatan sebelumnya tak dibutuhkan adanya jaminan dari pemerintah.

"Dalam persetujuan sebelumnya, tidak dibutuhkan jaminan karena itu investasi biasa," ujar dia.

Sementara itu, terkait masalah izin analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), politikus senior Partai Golkar itu mengaku, pemerintah masih akan mengatur hal tersebut.

Dubes Cina untuk Indonesia, Xie Feng, siang kemarin telah menemui Wapres JK di Kantor Wapres. Dalam pertemuan tersebut, salah satu pembahasan keduanya, yakni pembangunan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung.

R24/jef/ter 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru