riau24 Camat Rambah Minta Pengelolaan Dana Desa Harus Jelas dan Transparan | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Camat Rambah Minta Pengelolaan Dana Desa Harus Jelas dan Transparan

0
Camat Rambah Ari Gunadi
Berita Riau -  Camat Rambah Minta Pengelolaan Dana Desa Harus Jelas dan Transparan

Rohul, Riau24.com - Camat Rambah Ari Gunadi mengharapkan agar pemerintah desa salurkan dana desa tepat sasaran agar upaya meningkatkan dan memajukan desa meningkat.

"Dengan anggaran desa yang dikelola semakin besar, maka dapat meratakan pembangunan ditingkat desa kedepannya," ujar Ari Gunadi, Jum'at (29/1/2016).

Ari Gunadi menjelaskan‎ dalam pengelolaan anggaran dana  desa harus jelas dan transparan, untuk itu kepala desa, seketaris desa, badan permusyarawaratan desa (bpd) dan bendahara termasuk staf desa harus kerja sama dan menjalin kerja sama yang baik, hal ini bertujuan untuk terlaksananya pemerataan pembangunan di tingkat desa dan mengantisipasi penyelewengan anggaran dana desa.

Ari Gunadi mengatakan tahun 2016 anggaran desa yang dikelola pemerintah desa sangat besar lebih kurang 2 miliar rupiah, untuk itu pemerintah desa dan perangkatnya harus transparan dalam pengeluaran anggaran sehingga antara kepala desa dan perangkat tidak saling tuding atau mencurigai terkait pengeluaran anggaran.

"Dengan anggaran yang besar tentu kedepannya desa harus bisa membuktikan pembangunan ditingkat desa seperti pembangunan gedung paud/ tk dan berbagai pembangunan lainnya termasuk jalan setapak atau semenisasi dan juga pembuatan drainase dan pembuatan gorong-gorang," tandasnya.

Ari Gunadi menambahkan untuk semenisasi atau pembuatan jalan setapak dan drainase harus dilakukan dengan maksimal karena dapat mendukung peningkatan  ekonomi masyarakat untuk membawa hasil pertanian dan perkebunnya keluar, sedangkan untuk drainase untuk mengantisipasi terjadinya luapan air.

Diakuinya dalam pengeluaran anggaran desa pihak Kecamatan Rambah telah menerima adanya pengeluaran anggaran dana desa yang tidak di setujui oleh bpd, seketaris dan bendahara desa, namun hal ini sudah diberikan solusi kepada kepala desa yang bersangkutan untuk menyelesaikannya sehingga tidak mencuat yang menjatuhkan nama desa itu sendiri,

"awal permasalahan tersebut karena tidak adanya transparan dari pemerintah desa terhadap bawahannya," ujar Ari Gunadi‎.

Ari Gunadi meminta di tahun 2016 tidak terjadi lagi kesalah pahaman antara pemerintah desa dan perangkatnya terkait pengeluaran anggaran dana desa, apa lagi anggaran desa yang dikeluarkan harus bisa dipertanggung jawaban, jika tidak tentu ini akan bisa dipidana oleh pihak penegak hukum.

R24/red/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru