riau24 Planet Mars Akan Dipasangi Beton? | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Planet Mars Akan Dipasangi Beton?

0
Lewat website Experience Curiosity ini, para pengunjung bisa secara langsung menikmati simulasi planet Mars dari pandangan robot Curiosity
Berita Riau -  Planet Mars Akan Dipasangi Beton?
Jakarta, Riau24.com - Bukti kuat tentang keberadaan air mengalir di planet Mars secara tak langsung mengindikasikan kemungkinan adanya kehidupan di sana. Oleh sebab itu, ide untuk membuat hunian di planet Mars tak lagi sekadar angan-angan.

Melihat keadaan tersebut, beberapa peneliti dari Northwestern University diketahui mulai bersiap-siap. Salah satu yang mulai dilakukan adalah mengembangkan beton yang menggunakan bahan asli dari planet Mars.

Bahan untuk membuat beton ini rencananya tak berbeda dengan yang dikenal manusia saat ini. Namun, bukan kerikil, semen, dan air seperti di Bumi yang akan dipakai, melainkan tanah planet Mars hasil simulasi NASA yang akan menjadi agregatnya, dan belerang cair sebagai perekatnya.

Belerang cair planet Mars dipilih karena memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya adalah waktu rekat yang lebih cepat, yakni 2 hingga 3 jam. Waktu rekat ini jelas berbeda dengan belerang di Bumi yang butuh 28 jam untuk merekatkan sesuatu.

Waktu rekat yang lebih cepat juga disebut-sebut sangat mendukung konstruksi hasil cetak tiga dimensi. Tak hanya itu, bahan ini juga sangat tahan karat dan lebih kuat dari beton belerang pada umumnya, yang disebabkan oleh karakteristik tanah planet Mars dan penyesuaian dengan gravitasi di planet Mars.

"Kebanyakan beton belerang menggunakan pasir yang biasanya lembam dan berfungsi sebagai pengisi saja," ujar Prof. Gianluca Cusatis, kepala penelitian dari pengembangan beton ini, seperti dikutip dari laman CNET, Jumat (29/1/2016).

Hal ini berbeda dengan beton yang dibentuk dari bahan asli di planet Mars. Menurutnya, belerang tidak hanya berfungsi sebagai perekat, namun juga bereaksi dengan mineral yang ada di dataran planet Mars.

Akan tetapi, bukan berarti belerang tidak memiliki kekurangan. Salah satu yang menjadi perhatian adalah belerang mudah meleleh di suhu 115,2 derajat. Namun, Cusatis memastikan bahwa api bukan menjadi masalah utama saat ini, melainkan meteor.

Kendati demikian, Cusatis menuturkan bahwa timnya masih mencari cara untuk membuat beton tahan api. Selain itu, kelompok peneliti ini masih mencari tahu reaksi kimiawi misterius yang dapat memperkuat material itu ketika digunakan di planet Mars kelak.

R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru