riau24 Wow......e-KTP Sekarang Berlaku Seumur Hidup! | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Wow......e-KTP Sekarang Berlaku Seumur Hidup!

0
Berita Riau -  Wow......e-KTP Sekarang Berlaku Seumur Hidup!
Jakarta, Riau24.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menandatangani Surat Edaran (SE) dituju pada seluruh Gubernur, Bupati dan Wali Kota. SE terkait penegasan pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El atau E-KTP) berlaku seumur hidup.
 
Demikian dikemukakan Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Zudan Fakrulloh. "SE itu telah ditandatangani oleh Pak Menteri pada Kamis (28/1)," kata Zudan.
 
SE itu memang diterbitkan. Yang dikarena masih terdapat sejumlah masyarakat ini belum mengetahui bahwa sekaran berlaku e-KTP itu adalah untuk seumur hidup. 
 
"Penyedia layanan seperti pihak bank dan notaris serta kepolisian belum tahu, KTP elektronik yang ada masa berlakunya tidak perlu diperpanjang," ujarnya.
 
Sebelumnya, Mendagri menyebut kebenaran e-KTP berlaku seumur hidup, meski ada itu yang masih tertera masa berlaku. Tjahjo, juga menyebut perpanjangan e-KTP tidak perlu dilakukan meski sudah mati masa berlakunya. 
 
"Bagi anda yang masa berlaku e-KTP-nya habis, tidak perlu ngurus perpanjangan masa berlaku lagi, karena E-KTP tersebut masih tetap bisa digunakan meski di dalam kolom berlaku terdapat tanggal kedaluwarsanya," ucap Tjahjo dalam pesan singkat, Kamis (28/1).
 
Jadi sebutnya, tak perlu takut dan khawatir ditolak saat tunjukkan E-KTP sewaktu ada razia kepolisian atau pun saat mengurus surat-surat penting di kantor/lembaga manapun. Ketentuan diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2013 yang tertuang dalam pasal 64 ayat 7 a.
 
"Jadi warga yang masa berlaku KTP elektroniknya habis, selama itu tidak rusak, maka tidak usah melakukan perpanjangan. Karena berlaku seumur hidup," tegasnya.
Tjahjo menambahkan, ini sangat perlu disampaikan, mengingat itu ada yang masih belum tahu soal aturan ini.
 
R24/rul/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru