riau24 PHK Jadi Langkah Terakhir Pertamina Hadapi Anjloknya Harga Minyak | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

PHK Jadi Langkah Terakhir Pertamina Hadapi Anjloknya Harga Minyak

0
Dirut Pertamina Dwi Soetjipto. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)
Berita Riau -  PHK Jadi Langkah Terakhir Pertamina Hadapi Anjloknya Harga Minyak
Jakarta, Riau24.com - Anjloknya harga minyak dunia saat ini membuat banyak kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) melakukan efisiensi dengan cara pemutusan hak kerja (PHK). Namun, Pemerintah mengimbau agar KKKS tak memberlakukan PHK besar-besaran.

Bagi PT Pertamina (Persero), PHK menjadi langkah terakhir yang akan dilakukan perusahaan dalam menghadapi penurunan harga minyak yang saat ini berada pada level USD30 per barel.

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan perseroan saat ini sedang bekerja keras untuk merumuskan strategi supaya bisa bertahan dalam kondisi tersebut.

Langkah pertama efisiensi Pertamina yakni dengan menekan atau menurunkan biaya operasional hingga 30 persen dengan berbagai macam upaya. Menurut Dwi, pada 2016 perusahaan sudah punya warming up terkait upaya efisiensi yang saat ini makin digencarkan lagi.

"Kalau langkah dari sisi efisiensi di proses bisnis ini masih kurang, kami akan masuk kepada masalah menurunkan pendapatan dan sebagainya, sebelum yang terakhir pengurangan tenaga kerja," kata Dwi, dalam acara FGD Alumni ITS, Grand Kemang Hotel, Jakarta Selatan, Sabtu (30/1/2016).

Namun, lanjut Dwi, masih banyak peluang untuk melakukan efisiensi bisnis yakni salah satunya yakni dengan mengevaluasi pengunaan jasa. Maka dari itu, lanjut Dwi, pihaknya akan melakukan renegosiasi bersama-sama dengan penyedia jasa.

"Itu targetnya, jadi disitu di level harga minyak USD30 per barel itu kami hitung masih survive," jelas dia.

R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru