riau24 Pengamat: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipaksakan | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Pengamat: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipaksakan

0
Pengamat Ekonomi Politik AEPI Salamuddin Daeng menilai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dipaksakan karena pemerintah sebelumnya tidak antusias. Foto: Istimewa
Berita Riau -  Pengamat: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipaksakan
Jakarta, Riau24.com - Pengamat Ekonomi Politik dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Salamuddin Daeng menilai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dipaksakan karena pemerintah sebelumnya tidak antusias. Peletakan batu pertama (groundbreaking) beberapa waktu lalu, dipertanyakan kelanjutannya lantaran tidak mudah mengkaji Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

"Karena tidak gampang, kajian Amdal lama. Sosial, politik, dan lingkungan hidup dikaji masuk dalam kajian dampak analisis lingkungan," ujarnya di Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Menurut Salamuddin, proyek yang diusung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut menabrak hal teknis seperti Amdal sehingga diyakini ada lobi dari investor guna menyukeskan proyek ini. "Hal teknis ditabrak bahwa ini ada janji Jokowi dan lobi-lobi investor asing karena saya tahu perusahaan kereta China yang biayai proyek ini, dia haus kontrak pemerintah," katanya.

Dia menjelaskan, perusahaan China itu haus kontrak untuk dapat menutup utang dengan menjualnya ke pasar keuangan internasional jika proyek yang didanai gagal tercapai.

"Sehingga perusahaan China di infrastruktur kejar kontrak pemerintah karena pemerintah bisa jamin pembayaran. Mau tak mau minta garansi pemerintah kalau gagal, pemerintah yang bayar utang mereka," tandasnya. 

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru