riau24 Memperingati 130 Tahun Mobil Modern Pertama | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Memperingati 130 Tahun Mobil Modern Pertama

0
Pengajuan paten ini diiringi dengan lahirnya mobil roda tiga pada 3 Juli 1886 di Mannheim.
Berita Riau -  Memperingati 130 Tahun Mobil Modern Pertama

Stuttgart, Riau24.com - Pada 29 Januari 1886 atau tepat 130 tahun yang lalu, Carl Benz mengajukan paten ke kantor German Imperial Patent di Berlin. Paten inilah yang merupakan cikal bakal mobil modern pertama di dunia.

Pengajuan paten ini diiringi dengan lahirnya mobil roda tiga pada 3 Juli 1886 di Mannheim yang telah dikembangkan sejak setahun sebelumnya. Dua tahun kemudian pendiri Mercedes-Benz ini mengajukan hak paten untuk Model III. Mobil dengan sistem penggerak mandiri inilah yang pertama kalinya digunakan menempuh jarak cukup jauh.

Melansir Autoevolution, pengemudi pertama yang mengendarai mobil cukup jauh tak lain adalah Bertha Benz, istri Carl bersama dengan kedua anaknya. Ia mengemudikan mobil roda tiga dari Mannheim ke Pforzheim dan sebaliknya untuk mendemonstrasikan keandalan ciptaan suaminya untuk berjalan jauh.

Mobil pertama ini didukung mesin satu silinder empat langkah berkaasitas 954 cc. Mesin ini hanya sanggup menghasilkan daya 0,75 Tk pada 400 rpm. Sementara itu, kecepatan maksimal yang diraih sekira 16 km/jam.

Sementara itu, di tahun yang bersamaan dengan Carl Benz mengajukan paten, Gottlieb Daimler membangun suatu kereta yang ditenagai mesin pembakar internal pertama. Dua karya insinyur Jerman inilah yang merupakan mobil modern pertama.

Keduanya terus mengembangkan kendaraan secara mandiri selama beberapa dekade. Pada 1926 Carl Benz bersama dengan Gottlieb Daimler bergabung mendirikan suatu perusahaan yang diberi nama Mercedes-Benz yang terus hidup hingga hari ini.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru