riau24 Pemerintah Persiapkan Pembuatan Akte Kelahiran Online | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Pemerintah Persiapkan Pembuatan Akte Kelahiran Online

0
Berita Riau -  Pemerintah Persiapkan Pembuatan Akte Kelahiran Online

Siak, Riau24.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Siak sedang mempersiapkan perangkat online pengurusan akta kelahiran. Nantinya, warga bisa mengurusnya di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) setempat.

"Pemerintah sedang uji coba pembuatan akte kelahiran online. Warga melahirkan bisa langsung mengurus dan  mendapatkan akte kelahiran anaknya di Puskesmas," ungkap Kepala UPTD Kesehatan Tualang Dr Muslim saat menghadiri Musrenbang tahun 2017 di kampung Maredan Barat.

Menurut Kepala Pukesmas Tualang ini, program akte kelahiran online ini masih dalam tahap uji coba. Disduk Capil sedang mempersiapkan sistem jaringan perangkat online administrasi kependudukan. Program ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan akte bagi masyarakat.

"Oleh karena itu, bagi ibu sedang hamil, persiapkan nama anak satu cowok satu cewek. Karena nama itu akan menjadi nama diakte nanti, kalau sudah diaktekan,penukaran akan melalui tahap persidangan," imbau Muslim.

Untuk mendapatkan pelayanan akte kelahiran online syaratnya cukup mudah KTP/KK kabupaten Siak, membawa surat nikah dan fotocopy KTP KK. Aplikasi data pribadi nanti akan di update sistem, kemudian setelah semua persyaratan lenWgkap, akte kelahiran sudah dicetak lansung di puskesmas. 


R24/red/lin 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru