riau24 Kelurahan Bukit Datuk Miliki Komunitas Lawan Karhutla | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Kelurahan Bukit Datuk Miliki Komunitas Lawan Karhutla

0
Kelurahan Bukit Datuk Benrtuk Komunitas Lawan Karhutla
Berita Riau -  Kelurahan Bukit Datuk Miliki Komunitas Lawan Karhutla

Dumai, Riau24.com - Menghadapi musim kemarau, Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan membentuk Komunitas Masyarakat Gotong Royong Melawan Karhutla.

“ Ya benar, kita sudah membentuk Komunitas yang berguna untuk mencegah terjadinya karhutla tahun ini,” ungkap Lurah Bukit Datuk Dasuki seraya menyebutkan pembentukan Komunitas Lawan Karhutla itu sudah dibentuk pada Sabtu akhir pecan kemarin.

Komunitas tersebut melibatkan TNI dan Polri seperti Badan Pembinaan Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Polsek Dumai Barat dan Babinsa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai, LPMK Kecamatan Dumai Selatan, Forum RT dan Forum Masyarakat Gotong Royong Kelurahan Bukit Datuk.

“ Komunitas ini dibentuk untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan memasuki musim kemarau tahun ini,” katanya.

Menurut Dasuki, komunitas ini akan meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya karhutla dimusim kemarau yang bisa menyebabkan timbulnya kabut asap. Komunitas ini juga dibentuk untuk menghindari bencana kabut asap seperti yang telah terjadi pada tahun lalu akibat karhutla.

Sementara, Kepala Polsek Dumai Barat Kompol Sasli Rais berharap, komunitas ini dapat mencegah terjadinya kebakaran lahan.

“ Di Kecamatan Dumai Selatan khususnya di kelurahan Bukit Datuk tidak ada hutan, yang ada lahan. Untuk itu saya berharap komunitas ini dapat mencegah terjadinya kebakaran lahan,” harap Kapolsek.

Menurut Kapolsek, di Dumai Selatan ada beberapa titik rawan Karhutla, seperti di Kelurahan Bukit Datuk, kelurahan Mekar Sari, Bukit Timah dan Kelurahan Ratu Sima.

Ia juga mengharapkan, personil yang ada didalam komunitas ini diperlengkapi dengan peralatan pemadam serta mengikuti pelatihan penguasaan alat-alat kebakaran. Sehingga pembentukan komunitas ini tidak hanya sekedar kegiatan seremoni tetapi dapat menjalankan tupoksinya mencegah karhutla.

“ Saya menghimbau masyarakat di Kelurahan Bukit Datuk agar tidak membakar lahan. Jika kedapatan akan berurusan dengan hukum,” tegas Kompol Sasli.

Ketua Komisi III DPRD Dumai Johanes MP Tetelepta sangat mendukung terbentuknya komunitas yang bertujuan untuk mencegah karhutla.

Memasuki musim kemarau, Politisi Partai Gerindra ini meminta komunitas untuk dapat menjalankan tupoksinya agar karhutla tidak terjadi. Mengenai peralatan pemadam akan ditindaklanjuti bersama camat sehingga komunitas ini memiliki perlengkapan seperti mesin pemadam kebakaran dalam rangka mencegah karhutla. 

“ Saya juga akan bicarakan sama perusahaan, agar perusahaan dapat membantu mesin pemadam melalui program CSR nya. Kedepan, saya mengharapkan Instansi terkait dapat memberikan pelatihan kepada komunitas ini mengenai teknik maupun langkah-langkah menanggulangi kebakaran lahan maupun hutan,” tutupnya.

R24/red/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru