riau24 Dewan Usulkan Disnaker Buka Kotak Aduan | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Dewan Usulkan Disnaker Buka Kotak Aduan

0
Berita Riau -  Dewan Usulkan Disnaker Buka Kotak Aduan
Pekanbaru, Riau24.com - Kebijakan terkait kenaikan angka UMK 2016 diharap tidak sekedar janji manis belaka. Setelah ditandatanginya kebijakan baru UMK 2016 oleh Plt Gubernur Riau, kebijakan tersebut diharapkan dapat memberi sinyal positif terhadap buruh/karyawan. Selain itu, realisasi fakta yang dijalankan pun harus dipertegas dengan suatu tindakan. Sebab sosialisasi dari pemerintah, yang dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) perlu untuk ditingkatkan.

Anggota komisi E DPRD Riau, Markarius Anwar menyarankan Disnaker di Kabupaten/Kota harus pro aktif mengawal kebijakan ini. Perusahan yang mempekerjakan karyawan, perlu menerapkan aturan baru kenaikan UMK 2016. Pasalnya, tidak diketahui juga bahwa di sejumlah perusaahan di Riau dikhawatirkan masih ada yang menutup mata. Karyawan yang bekerja pun akhirnya jadi korban, dan tidak merasakan nikmatnya angin segar dari kebijakan baru UMK 2016.

"Disnaker harus tingkatkan sosialisasi ke perusahaan. Jika masih ada yang mengangkangi, perlu diberi teguran dan sanksi yang tegas," ujarnya.

Ditambahkannya, guna diketahuinya perusahaan yang belum memberlakukan UMK 2016, Disnaker di Kabupaten/kota disarankan juga memasang kotak aduan di setipa kantornya.Jadi, menurut politisi PKS ini jika ada karyawan yang takut atau berontak dengan sikap perusaahan, dapat menyampaikan keluhan tersebut di kotak aduan.
"Kadang kan karyawan ini takut berontak kalau perusahaannya memberikan upah yang tak sesuai. Mau protes nanti dipecat. Dengan begitu juga dengan UMK 2016. Karyawan bisa saja menyampaikan perusahaannya tidak membayar upah sesuai UMK 2016 melalui kotak aduan," jelasnya.
R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru