riau24 Bupati kesal,Baru 5 SKPD yang menyelesaikan Laporan Keuangan | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Bupati kesal,Baru 5 SKPD yang menyelesaikan Laporan Keuangan

0
Berita Riau -  Bupati kesal,Baru 5 SKPD yang menyelesaikan Laporan Keuangan

Siak, Riau24.com - Seiring akan dilakukannya pemeriksaan keuangan oleh BPK RI, Bupati Siak menghimbau seluruh Kepala SKPD untuk menyiapkan semua laporan. Pasalnya baru 5 SKPD yang menyerahkan laporan keuangan kepada BPK RI.

Bupati  juga menyesalkan ada SKPD yang belum menuntaskan laporannya,"saya kira sudah banyak, ternyata baru lima,"katanya. Sehingga ia menegaskan bagi SKPD yang belum menuntaskannya saya minta segera dituntaskan.Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menggelar entry briefing bersama Pemda Kabupaten Siak. Kegiatan ini dilakukan jelang pelaksaan pemeriksaan tahap pertama atau pendahuluan terkait laporan keuangan daerah tahun 2015.

Pada kesempatan itu, Bupati Syamsuar menegaskan kepada setiap SKPD untuk memanfaatkan  kehadiran Tim BPK RI untuk mengklirkan semua laporan keuangan daerah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang Raja Indra Pahlawan Room Kantor Bupati Siak Sri Indrapura (3/2/2016).

Seiring akan dilakukannya pemeriksaan keuangan tahap awal oleh Tim BPK RI, ia meminta perhatian dari seluruh Kepala SKPD untuk memanfaatkan kehadiran Tim BPK RI untuk membimbing pembuatan laporan keuangan sehingga pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Siak semakin maju. "Manfaatkan kehadiran Tim Pemeriksa ini, yang mau ditanyaakan silahkan ditanyakan,"ujarnya.

Ia juga meminta seluruh Bendahara SKPD yang mengelola masalah kegiatan, penerimaan maupun pengeluaran untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar hasil yang dilaporkan bersifat real sesuai dengan administrasi dan dapat dipertanggung jawabkan dan mengingatkan demi kelancaran berjalannya pemeriksaan BPK agar jangan ada data yang dibuat-buat. "Berikan informasi yang jelas dan tuntas, jangan ada sesuatu yang dimanipulasi,"ungkapnya.

Seperti diinformasikan oleh Diki dari BPK RI Perwakilan Riau yang juga bertanggung jawab sebagai Ketua Tim Pemeriksa BPK RI untuk Wilayah Kabupaten Siak, pemeriksaan ini berfokus pada beberapa pemeriksaan, seperti, Indentifikasi kesiapan basis aktual, aspek kebijakan, ruang dan aset.

Selanjutnya melakukan pemeriksaan tahap pertama atau pendahuluan untuk mendapatkan informasi terkait pengeloaan keuangan daerah di Kabupaten Kabupatan Siak serta pengendalian saldo awal, utang, piutang, investasi, aset tetap, aset tak berwujud dan lainnya.

Tim dari BPK RI Perwakilan Riau juga akan memberikan bimbingan tentang pemanfaatan sistem pengeloaan Keuangan Berbasis Akrual yang saat ini sedang digunakan. "Sistem Akrual ini digunakan agar tidak salah arah dan laporan keuangan bisa dipertanggung jawabkan," jelasnya.

Sementara Bupati Siak menegaskan untuk segera menyiapkan laporan dengan segera,"untuk masing-masing SKPD di harapkan dengan sesegera menyiapkan laporannya,"himbaunya.

R24/red/lin 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru