riau24 Bicara Mobil Nasional, Seperti Mengebiri Bangsa Sendiri! | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Bicara Mobil Nasional, Seperti Mengebiri Bangsa Sendiri!

0
Mobil listrik SELO tak dapat dukungan pemerintah Indonesia karena tak lolos uji emisi. Biggs155
Berita Riau -  Bicara Mobil Nasional, Seperti Mengebiri Bangsa Sendiri!

Jakarta-Riau24.com - Baru-baru ini kembali mencuat tentang kebodohan Pemerintah yang tak meloloskan perizinan produksi mobil listrik bernama SELO karya Ricky Elson yang dimiliki oleh Dahlan Iskan. Namun ketika Ricky mulai curhat melalui jejaring Facebook tentang tawaran yang datang dari negara berinisial 'M', rumor pun kembali mencuat.

Pasalnya, negara dengan inisial 'M' itu disinyalir adalah Malaysia. Sementara jika urusan klaim mengklaim, masyarakat bangsa Indonesia sudah paling jengah dengan hal tersebut. Namun kembali lagi, sekuat apa Pemerintah negara ini melindungi karya anak bangsanya? Bahkan untuk berbicara jujur tentang komitmen mengembangkan mobil merek sendiri, rasanya seperti dikebiri.

Bisa dilihat, sudah berapa banyak sang empunya ide untuk pengembangan teknologi otomotif, yang digunakan. Tapi ironi, lantaran mereka justru ditentang oleh beberapa pihak dan itu adalah dari bangsa sendiri.

"Kalau berbicara tentang mobil nasional, agak miris juga. Industri otomotif nasional kita sudah terlalu bergantung pada brand dari luar. Jadi jika brand dari luar tersebut mengalami masalah penjualan atau semacamnya, generalisasi tentang pelemahan ekenomi bangsa pun secara otomatis mencuat. Sementara Pemerintah juga tak serius menerapkan regulasi untuk melindungi karya anak bangsa," ujar salah satu pengembang teknologi konversi bahan bakar gas rumahan layak pakai kendaraan, yang tak mau disebut namanya beberapa waktu lalu.

Berbicara tentang mobil nasional dan kemampuan anak bangsa untuk membuat mobil, sudah terbilang lebih dari cukup untuk bisa memulainya. Contohnya sudah ada beberapa. Katakanlah Fin Komodo yang tanpa disokong oleh pemerintah pun tetap bisa berjalan. Kemudian mobil Esemka yang sekarang ini tak kunjung ada kabarnya.

Dan yang paling menyedihkan adalah mobil listrik SELO yang ijin produksinya tak keluar gara-gara tak lolos uji emisi. “Ini sangat menyedihkan, karena mobil listrik itu kan mobil tanpa emisi. Lalu pemerintah malah mengklaim tak lolos uji emisi karena tak ada emisinya?” begitu ungkapan yang ramai di kalangan netizen.

“Namun kembali lagi, dominasi brand dari luar yang melakukan invasi di Indonesia secara besar-besaran, sudah sangat sulit dipisahkan. Apalagi persyaratan tentang maksimalisasi komponen lokal juga sudah mereka penuhi. Sehingga semakin sulit bagi pemerintah kita untuk membuat kebijakan,” lanjutnya.

Bahkan beredar selentingan isu tentang upaya brand dari luar Indonesia untuk tak mengizinkan negara ini punya kemandirian dalam industri otomotif dan teknologi. Karena jika itu terjadi maka industri otomotif dan teknologi dari luar Indonesia bakal kehilangan pasar yang sangat besar. 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru