riau24 Liga Super China Menggeliat, Premier League Diingatkan untuk Waspada | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Sepakbola

Liga Super China Menggeliat, Premier League Diingatkan untuk Waspada

0
Clive Mason/Getty Images
Berita Riau -  Liga Super China Menggeliat, Premier League Diingatkan untuk Waspada
London - Pembelian pemain-pemain Eropa dengan dana besar oleh klub China diyakini belum akan berakhir. Disokong ekonomi yang solid dan juga faktor politis, Liga Super China dianggap bisa menjadi ancaman untuk Premier League.

Dunia dikejutkan dengan sejumlah transfer besar yang dilakukan klub-klub China dalam setidaknya enam bulan terakhir. Ramires dan Alex Teixeira diboyong oleh Jiangsu Suning dari Chelsea dan Shakhtar Donetsk dengan total uang senilai 63 juta poundsterling, sementara Jackson Martínez meninggalkan Atletico Madrid untuk pergi ke Guangzhou Evergrande dengan banderol 31 juta poundsterling.

Nama-nama tersebut di atas bukanlah yang pertama memeriahkan Chinese Super League. Di musim panas lalu Poulinho diangkut Guangzhou dari Tottenham Hotspur dengan harga 9 juta poundsterling. Aktivitas belanja klub-klub China dan gelontoran uang besar dari mereka diprediksi belum akan selesai karena bursa transfer di sana baru tutup pada 26 Februari mendatang.

"Ya, tentu saja Premier League harus khawatir. Karena China terlihat memiliki kekuatan finansial untuk memindahkan seluruh liga Eropa ke China," ucap Wenger di Guardian.

"Sudah lama menggeluti pekerjaan ini, kami tahu kalau apa yang terjadi sekarang adalah konsekuensi dari sebuah kekuatan ekonomi dan mereka memiliki itu. Apakah mereka akan bisa bertahan dengan ambisinya itu? Ingat, beberapa tahun lalu Jepang melakukannya, tapi kemudian menyurut (aktivitas transfernya). Saya tidak tahu seberapa besar hasrat China, tapi jika di sana ada kekuatan politik yang besar, ya kita harus khawatir," lanjut manajer yang sempat satu musim melatih Nagoya Grampus Eight di Liga Jepang itu.

Keberanian klub-klub China membayar pemain dengan transfer sangat tinggi juga disdebut Wenger akan melambungkan nilai pasar pemain. Karena musim depan klub-klub Inggris akan dapat pemasukan tambahan dari kontrak hak siar baru, Wenger menyebut kalau rekor transfer baru akan bisa dengan mudah menembus 100 juta poundsterling.

"Ya, mereka bisa melambungkan pasar. Tapi saya yakin, bagaimanapun peningkatan itu sudah ada sangat dekat terkait deal TV baru di musim panas. Itu akan menaikkan lagi nilai transfer. Saya yakin dalam waktu dekat nilai 100 juta poundsterling akan dengan mudah dipecahkan," prediksi dia.
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru