riau24 Waduh...... Didakwa Berlapis, Nasib Mantan Menteri ESDM 'Jero Wacik' Ditentukan Hari Ini | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Waduh...... Didakwa Berlapis, Nasib Mantan Menteri ESDM 'Jero Wacik' Ditentukan Hari Ini

1
Berita Riau -  Waduh...... Didakwa Berlapis, Nasib Mantan Menteri ESDM 'Jero Wacik' Ditentukan Hari Ini
Jakarta, Riau24.com - Nasib dari pada mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Jero Wacik, akan ditentukan hari ini, Selasa (9/2) yang dengarkan hasil putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat.
 
Jero Wacik sebelumnya didakwa dengan Pasal berlapis. Dalam dakwaan pertama, Jero selaku Menteri Kebudayaan dan Pariwisata didakwa menyalahgunakan Dana Operasional Menteri (DOM) hingga miliaran rupiah untuk memperkaya diri sendiri dan keluarganya.
 
Dakwaan kedua, Jero melakukan pemerasan dengan cara memaksa anak buahnya melakukan pengumpulan uang yang berasal dari kickback rekanan pengadaan. Jumlahnya hingga Rp10,38 miliar yang kemudian digunakan Jero untuk memenuhi keperluan pribadi.
 
Sementara pada dakwaan ketiga, Jero diduga menerima gratifikasi terkait jabatannya sebagai Menteri ESDM dalam bentuk pembayaran pesta ulang tahun oleh seorang pengusaha yang digelar pada 24 April 2012 di Hotel Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dengan jumlah Rp349 juta.
 
Berdasarkan bukti keterangannya saksi di persidangan terungkap, DOM yang digunakan Jero Wacik tak hanya dihabiskan oleh dirinya sendiri seperti untuk pembayaran pijat refleksi hingga cukur rambut. DOM juga digunakan keluarga Jero untuk membeli tiket konser, membeli suvenir, hingga membayar media massa untuk menyiarkan pencitraan Jero selama menjabat sebagai abdi negara.
 
Salah satunya diungkapkan Kepala Biro Perencanaan Sekjen Kementerian ESDM Ego Syahrial pada persidangan 16 November 2015 silam. "Ada itu. Pak Sekjen (Waryono Karno) mengatakan ini arahan Menteri (Jero Wacik), melakukan pencitraan melalui media," kata Ego seperti dikutip dari metrotvnews.com.
 
Atas dakwaan, barang bukti hingga keterangan saksi pada persidangan itu, Jaksa Penuntut Umum pada KPK meminta Majelis Hakim Pengadilan Tipikor menjatuhkan pidana kurungan selama 9 tahun penjara dan denda Rp350 juta sunbsider 4 bulan penjara.
 
"Dan membayar uang pengganti sebesar Rp18,7 miliar dengan ketentuan apabila tidak terpenuhi maka diganti dengan pidana kurungan selama empat tahun penjara," kata Jaksa Dody Sukmono saat membacakan tuntutan, Kamis (21/1) lalu.
 
Tak terima dengan tuntutan jaksa, Jero mengajukan nota pembelaan (pledoi). Dalam pledoi, Jero membantah semua tuduhan dan menolak tuntutan jaksa serta meminta majelis hakim yang diketuai Hakim Sumpeno itu membebaskan dirinya dari segala tuntutan.
 
"Saya mohon pada majelis hakim agar tuntutan 9 tahun dibatalkan, uang pengganti Rp18,7 miliar juga dibatalkan. Saya mohon dibebaskan dari tuntutan kasus ini dan nama baik saya dipulihkan," kata Jero, Kamis (28/1) lalu.
 
Di akhir pembelaannya, Jero pun menyampaikan permintaan maaf kepada keluarga terutama anak istrinya. Jero meminta maaf lantaran dirinya mengaku lebih sibuk mengabdi kepada negara ketimbang menghabiskan hari bersama keluarga.
 
Selama menjabat sebagai menteri, Jero bahkan mengaku tak pernah punya waktu khusus untuk keluarga lantaran tak pernah bisa cuti dari urusan kenegaraan. Hingga saat melepas jabatan menteri, Jero justru harus menghabiskan masa pensiunnya bukan bersama keluarga melainkan mendekam di balik jeruji besi.
 
R24/rul/mnc
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Senin, 06 November 2017 21:43 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/cxXuCWP.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru