riau24 Disdukcapil Inhil Segera Lakukan Sosialisasi | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Disdukcapil Inhil Segera Lakukan Sosialisasi

0
Ilustrasi.
Berita Riau -  Disdukcapil Inhil Segera Lakukan Sosialisasi

Inhil, Riau24.com - Mengacu kepada Peraturan Mentri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir akan lakukan sosialisasi terkait Permendagri baru tersebut.

“Sosialisasinya akan dimulai 2016 ini, tapi kapan waktunya belum bisa dipastikan, karena belum ada instruksi dari pusat, karena belum berlaku secara nasional,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) MJ Virman saat usai menghadiri kegiatan MoU di TPA Sungai Beringin Tembilahan. Selasa (9/2/2016).

Diungkapkan Kadisdukcapil, terkait program baru KIA tersebut akan mulai efektif ditahun 2017, dan saat masih dalam percobaan di sebagian wilayah di Pulau Jawa.

“Saat ini KIA baru masih dalam percobaan di kota kota besar, seperti di Pulau Jawa saja, belum menyentuh ke Kabupaten Kota di Provinsi Riau, apalagi Inhil,” terang MJ Virman.

Lanjut dijelaskannya, KIA sebagai identitas anak ini akan di bagi dalam dua golongan berdasarkan usia anak.

“Golongan pertama dari usia 0-5 Tahun tidak disertai foto dan golonan ke dua 5 -16 tahun baru disertakan foto, yang menandatanganipun hanya kepala dinas,” jelasnya.

Lanjutnya lagi, program yang digagas oleh komnas anak tersebut, berfungsi sebagai hak anak dalam memiliki identitas selain akta kelahiran yang telah dilakukan oleh sejumlah negara maju di dunia yang dikeluarkan oleh Disdukcapil.

R24/red/rgo 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru