riau24 Tak Biasa, Debit Air yang Datang ke PLTA mencapai 4.000 meter per Kubik | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Tak Biasa, Debit Air yang Datang ke PLTA mencapai 4.000 meter per Kubik

0
Berita Riau -  Tak Biasa, Debit Air yang Datang ke PLTA mencapai 4.000 meter per Kubik
Kampar,Riau24.com- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI Nurendi (Han) MSi sempat tercenagan mendengar penjelasan dari pihak Pembangkit Tenaga Listrik Air (PLTA) Koto Panjang.
 
Kenapa tidak, Maneger Pusat Listrik (PL) Koto Panjang Bayu Tuk Windriyo mengatakan, debit air yang datang dari sisi hulu PLTA Koto Panjang tak seperti biasa terjadi. Dimana biasanya rata-rata debit air yang datang ke PLTA hanya berkisar 100-500 meter per kubik.
 
Namun karena intensitas curah hujan disisi hulu Bukit Barisan dan Sumatera Barat (Sumbar) cukup tinggi. Sehingga air yang datang ke PLTA Koto Panjang mencapai 4.000 meter per kubik per detiknya.  
 
"Selama ini tidak pernah terjadi 4000 meter per kubik per detiknya. Normalnya air yang masuk ke PLTA Koto Panjang sekitar 100-500 meter per kubik," kata Bayu memberikan penjelasan saat menerima kunjungan Plt Gubri dan Danrem 031 Wirabima.
 
Karena air yang datang kali ini mencapai 4000 meter per kubik, sambung Bayu, pihaknya terpaksa mengeluarkan air dari PLTA. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi bencana yang lebih besar lagi di daerah hilir PLTA Koto Panjang.
 
Apakah ada konpensasi dari pihak PLTA terhadap masyarakat yang telah mengalami kerugian material akibat dibukanya kran air Bendungan PLTA Koto Panjang, Bayu tidak memberikan jawaban secara kongkrit apakah ada atau tidak konpensasi untuk masyarakat. Namun tindakan yang dilakukan pihaknya telah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlakukan.
 
"Apa yang kami lakukan telah sesuai SOP. Sehingga kami melakukan pembukaan-pembukaan pintu air PLTA seperti saat ini. Karena apa, ini untuk menjaga keutuhan dari PLTA Koto Panjang," jelasnya.
 
 
R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru