riau24 BC Dumai Amankan 53 Ton Bawang Ilegal | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

BC Dumai Amankan 53 Ton Bawang Ilegal

0
Berita Riau -  BC Dumai Amankan 53 Ton Bawang Ilegal

Dumai, Riau24.com - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Dumai (KPPBC TMP B Dumai) kembali mengamankan 53 Ton Bawang illegal di dua tempat yang berbeda pada akhir pecan kemarin. Dua penangkapan terhadap Bawang Merah Impor itu dilakukan, karena tidak memiliki dokumen resmi.

Informasi yang diterima, penangkapan pertama dilakukan di Selat Malaka. Tapi lokasi penangkapan sudah masuk teritorial Indonesia, tepatnya di Perairan Kabupaten Bengkalis. Penangkapan dilakukan oleh Tim Patroli Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementrian, Sabtu (6/2) sekira pukul 16.00 WIB.

Kapal Patroli menahan usai memeriksa Kapal KM Ria VII. Sebab personel Kapal Pengawas Hiu XIII mendapati muatan Bawang Merah di dalam kapal. Tapi ketika ditanyai perihal dokumen, mereka tidak mampu menjawab. Akibatnya kapal diamankan dan dikawal hingga sandar di Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Purnama.

“ Kita sudah serahkan langsung ke Pihak Bea Cukai Dumai,” ujar Nahkoda Kapal Pengawas Hiu XIII, Irzal Kadir kepada wartawan.

Dijelaskannya dari pengakuan nahkoda dan Anak Buah Kapal (ABK), mereka mengangkut 24 Ton Bawang Ilegal. Rencananya Bawang Merah tanpa dokumen akan dibawa masuk ke Wilayah Kabupaten Bengkalis. Namun tidak diketahui siapa pemilik dari muatan tersebut.

Menurut Irzal, selain mengamankan kaoal, mereka juga meminta keterangan kepada nahkoda dan tiga ABK. Mereka juga sudah diserahkan ke Pihak KPP Bea Cukai Dumai, agar dimintai keterangan. Terutama terkait perannya.

Sementara, Kasubsi Penyidikan Barang Hasil Penindakan KPPBC TMP B Dumai, Jayadi mengaku sudah memintai keterangan dari para ABK. Muatan dan kapal juga sudah disita oleh Pihak Bea Cukai Dumai.

Jayadi menyebut selain penangkapan itu, Pihaknya bersama Kanwil Bea Cukai Pekanbaru juga melakukan penangkapan di Jalan Lintas Dumai-Sei Pakning, Sabtu kemarin. Penangkapan dilakukan di kawasan Kelurahan Pelintung sekitar pukul 17.00 WIB.

Pada penangkapan tersebut berhasil diamankan tiga unit truk. Truk tersebut kedapatan mengangkut muatan Bawang Merah diduga ilegal. Sekitar 19 Ton Bawang Ilegal sudah disita dari truk.

“ Setelah mendapat informasi, kami langsung menuju lokasi. Ternyata didapati mereka melintas, maka langsung kami amankan,” ujar Jayadi, saat ditemui Selasa siang kemarin.

Lebih lanjut, kata Jayadi, Bawang tersebut diduga berasal dari Kuala Linggi, Malaysia. Sedangkan Bawang diduga masuk dari kawasan Bantan Tengah, Kabupaten Bengkalis. Mereka ditangkap setelah berhasil membawa muatan Bawang ke arah Kota Dumai melalui Pelabuhan Roro Sei Pakning- Bengkalis.

R24/red/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru