riau24 Awas, Ada Calo CPNS Minta Rp25 Juta di Sulteng | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Awas, Ada Calo CPNS Minta Rp25 Juta di Sulteng

1
Berita Riau -  Awas, Ada Calo CPNS Minta Rp25 Juta di Sulteng

Riau24.com - Lembaga pengawas pelayanan publik, Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tengah menemukan adanya pihak ketiga atau rentenir dalam proses pengangkatan honorer kategori dua (K2) menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah, mulai 2013 hingga 2015.

Kepala Ombudsman Perwakilan Sulteng Sofyan Farid Lembah mengatakan bahwa pihaknya telah merampungkan hasil investigasi yang dilakukan oleh tim dengan pengamatan tertutup di berbagai instansi dan tenaga honorer, antara lain Dinas Kesehatan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Kantor Camat Dolo, Biromaru dan Palolo serta beberapa instansi lainnya.

Dari sekian temuan, kata dia yang dinilai paling parah adalah pada Februari 2015. Ada modus baru yang dilakukan oknum BKD yakni menggadaikan SK 80 persen milik sebagian CPNS K2 kepada dua orang dengan nilai berkisar Rp10 juta hingga Rp25 juta.

"Pihak ketiga atau rentenir ini berperan memfasilitasi pinjaman di bank dengan agunan SK 80 persen ini. Modusnya, setiap CPNS yang ingin mengambil SK 80 persen terlebih dahulu melunasi hutang kepada rentenir secara tunai atau mengagunkan SK 80 persen kepada bank dengan ketentuan setelah dana pinjaman cair, maka dana tersebut langsung dipotong oleh si rentenir sesuai jumlah dana yang diambil oleh oknum BKD," ungkap Sofyan di Palu, Rabu (10/2/2016).

Sofyan juga menuturkan temuan lainnya, mulai dari awal menjadi peserta ujian hingga lulus. Honorer K2 yang akan dimasukan sebagai peserta ujian pada 2013 dipungut sebesar Rp100 ribu per orang. Saat itu terkumpul sebesar Rp612,9 juta.

Bupati Sigi langsung menginstruksikan kepada Kepala BKD agar mengembalikan uang tersebut.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Senin, 06 November 2017 21:45 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/cxXuCWP.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru