riau24 Bencana Banjir, Ribuan Rumah Terendam dan Lima Jembatan di Rohul Ambruk | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Bencana Banjir, Ribuan Rumah Terendam dan Lima Jembatan di Rohul Ambruk

0
Berita Riau -  Bencana Banjir, Ribuan Rumah Terendam dan Lima Jembatan di Rohul Ambruk
Rohul, Riau24.com - Bencana banjir yang melanda beberapa daerah di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), sejak tiga hari terakhir bukan hanya merendam ribuan rumah masyarakat, namun turut merendam areal persawahan petani.

Banjir kali ini juga menghanyutkan sebuah jembatan, dan empat jembatan lainnya ambruk akibat diterjang derasnya arus banjir.

Seperti Jembatan Sungai Mentawai di Banjar Datar di Kecamatan Rokan IV Koto. Akibat jembatan hanyut, masyarakat di empat desa di kecamatan ini sempat terisolir selama 58 jam. Masih di kecamatan ini, sebuah jembatan juga dilaporkan ambruk diterjang air bah.

Kemudian, Senin (8/2/2016) malam lalu, tiga jembatan di Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam, Rohul, juga ambruk diterjang derasnya arus banjir, yakni Jembatan Pisang Kolek, Jembatan Omang, dan Jembatan Bukit Juragan.

Menanggapi banyaknya jembatan rusak saat bencana banjir terjadi, Sekretaris Daerah Kabupaten Rohul Ir. Damri dan Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Rohul Harisman ST,MT meninjau kondisi jembatan rusak dimulai dari Jembatan Sungai Mentawai di Rokan IV Koto.

"Setelah ini (tinjau jembatan Mentawai) kami akan meninjau jembatan di Kunto (Darussalam)," ujar Harisman, Rabu (10/2/2016).

Harisman mengakui belum ada anggaran untuk memperbaiki tiga jembatan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Rohul, seperti tiga jembatan di Kecamatan Kunto Darussalam, yakni Jembatan Pisang Kolek, Jembatan Omang, dan Jembatan Bukit Juragan.

"Belum ada anggaran. Kalau untuk tanggap darurat itu wewenang BNPB," jelas Harisman dan mengakui masih bersama Sekdakab Rohul Damri untuk meninjau Jembatan Mentawai.

Ditanya terkait langkah penanggulangan dilakukan Dinas BMP Rohul agar masyarakat bisa menyebrang, Harisman mengakui setelah peninjauan nanti baru akan direncanakan langkahnya.‎

R24/red/ags 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru