riau24 Giliran Patung Arjuna Memanah yang Dibakar | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Giliran Patung Arjuna Memanah yang Dibakar

1
Berita Riau -  Giliran Patung Arjuna Memanah yang Dibakar
Riau24.com – Patung tokoh pewayangan Arjuna Memanah yang menjadi simbol Pariwisata Pemkab Purwakarta di daerah Situ Wanayasa hangus terbakar. 

Kasus tersebut kini dalam penyelidikan Polres Purwakarta. 

“Kami masih mendalami kronologinya,” ujar Kapolres Purwakarta, AKBP Trunoyudo Wisnu saat dihubungi Kamis (11/2/2016). 

Patung tersebut diduga dibakar pukul 04.00 WIB dini hari tadi. Pelaku diduga melakukan aksinya saat jalanan dalam kondisi sepi. 

Berdasarkan catatan Kompas.com, perusakan patung tidak terjadi kali ini saja. September 2011 lalu, sekelompok massa merusak berbagai patung kultural dari tokoh pewayangan. 

Seperti patung Gatot Kaca di Parapatan Comro, patung Semar di Pertigaan Bunder, dan patung Bima di Jalan Baru. 

Alasan yang muncul mana kala para pelaku menghancurkan patung-patung itu adalah karena keberadaannya tidak merepresentasikan keislaman dan menyamakannya sebagai tindakan musyrik. 

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, patung Arjuna yang dihancurkan, sudah berdiri sejak tujuh tahun lalu. Bahkan, patung tersebut menjadi ikon kepariwisataan Purwakarta. 

"Ya aneh saja kalau patung wanita telanjang ya silakan dihancurkan tapi ini kan patung wayang. Tokoh warisan kebudayaan Nusantara yang digunakan para wali songo untuk mendakwahkan agama Islam,” tutur Dedi. 

Dedi menjelaskan, Arjuna merupakan salah satu tokoh wayang yang bernilai epik kepahlawanan. Sebab Arjuna diceritakan sebagai Panglima Perang Pandawa dalam Perang Baratayudha. 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Senin, 06 November 2017 21:59 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/cxXuCWP.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru