riau24 Mazda BT-50 Terabaikan di Indonesia | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Mazda BT-50 Terabaikan di Indonesia

0
Berita Riau -  Mazda BT-50 Terabaikan di Indonesia
Jakarta, Riau24.com – Sejak 2006, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mazda di Tanah Air, terlihat lebih fokus berjualan di segmen kendaraan penumpang. Buktinya sampai sekarang, model-model unggulan didomonasi oleh jenis kendaraan ini (passanger car).

Sebenarnya, Mazda bukan tanpa pilihan di segmen pikap atau kendaraan komersial. Merek asal Jepang itu punya satu model, yaitu BT-50, yang juga diimpor utuh (completely built up/CBU) dari Thailand. Pikap yang dikembangkan bersama Ford Ranger ini, terkesan sengaja "di-anak tirikan".

Berbeda dengan Mazda2, CX-5, atau Mazda6, BT-50 dijual dengan sistem "by order" alias tanpa stok tersedia di diler. 

Menanggapi hal itu, Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT MMI, menjelaskan, sejak dari awal hadir di Indonesia, Mazda memang sudah diposisikan fokus bermain di kendaraan penumpang. Apalagi, setelah Mazda2 hadir pada 2009, fokusnya di mobil penumpang semakin tajam.

“Kami punya kendaraan pikap yang menurut kami bisa hadir di kendaraan komersial, tapi tidak memfokuskan bisnis kami di kendaraan komersial. Karena, kami yakin masa depan industri otomotif Indonesia di segmen kendaraan penumpang,” ujar Astrid saat berbincang denganKompasOtomotif di acara media gathering, Rabu (10/2/2016).

Bermain di kendaraan penumpang, menurut Astrid lebih aman, ketimbang komersial. Sebab, mobil penumpang lebih stabil dengan kondisi perekonomian, tidak seperti di segmen komersial. “Pengaruh terhadap ekonominya cukup besar,” kata Astrid.

Mengacu pada data penjualan ritel yang dirilis Mazda, total penjualan BT-50 tahun lalu ambles 89,6 persenm tersisa tinggal 13 unit jika dibandingkan 2014 sebanyak 126 unit. Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan BT-50 tahun lalu secara wholesales juga hanya 13 unit.

Sepanjang 2015, Mazda hanya menjual BT-50 selama tiga bulan saja. Pertama di Januari terjual dua unit, Maret 5 unit dan terakhir April enam unit. Sisanya pikap tersebut tidak ada yang membeli.

Segmen pikap tahun lalu, penjualan secara keseluruhan mencapai 198.115 unit. Pemain utamanya dipegang Ford Ranger dengan 1.315 unit dan Mitsubishi Triton 7.619 unit.
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru