riau24 Peneliti WHO: Indonesia Tak Perlu Takut Zika, Kendalikan Saja Dulu DBD | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Peneliti WHO: Indonesia Tak Perlu Takut Zika, Kendalikan Saja Dulu DBD

1
Berita Riau -  Peneliti WHO: Indonesia Tak Perlu Takut Zika, Kendalikan Saja Dulu DBD
Riau24.com Jakarta, Virus Zika diketahui sebagian besar disebarkan oleh nyamuk dari jenis Aedes aegypti yang dikenal juga sebagai penyebar penyakit lain yaitu demam berdarah dengue (DBD). Virus terkonfirmasi ada di Indonesia dan bukan mustahil bisa meluas menjangkiti banyak orang.

Namun demikian para ahli mengatakan masyarakat tak perlu khawatir. Staff epidemiologi World Health Organization (WHO) Indonesia dr Marlinggom Silitonga, MEpid, mengatakan bahwa sebetulnya masyarakat hanya perlu terus melakukan saja usaha pengendalian DBD. Lakukan pemberantasan sarang nyamuk dan tiap rumah harus ada satu juru pemantau jentik.

"Virus Zikanya sendiri termasuk ringan. Enggak perlu diobatin nanti juga akan sembuh sendiri jadi enggak perlu takut. Mortalitasnya sejauh ini nol persen," kata dr Marlinggom ketika mengisi seminar Zika di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Jumat (12/2/2016).

Baca jugaZika Ada Dua Tipe, Virus di Indonesia Mirip dengan di Brazil 

Hal serupa juga diutarakan oleh Direktur Lembaga Molekuler Eijkman Profesor Amin Soebandrio. Menurutnya karena masih satu keluarga, Zika punya banyak kemiripan dengan DBD bahkan sampai ke tingkat struktur badan virus.

"Kuncinya adalah melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk itu akan signifikan. Tidak perlu memikirkan hal yang muluk-muluk tapi kerjakan aja apa yang bisa dikerjakan di sekeliling kita," kata Prof Amin saat ditemui pada kesempatan yang sama.

Baca jugaNegara-negara Ini Masuk dalam Travel Advisory Menkes Terkait Zika 

"Buat Indonesia ini belum menjadi masalah nasional tetapi tak berarti kita boleh lengah. Tetap waspada lakukan sama seperti yang kita lakukan untuk DBD. Kendalikan virus dengue, kendalikan vektor dengue, insyaallah Zika juga akan terkendali," pungkasnya.
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 14:08 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru