riau24 Dituding Mengintervensi APBD, DPRD Riau Pertanyakan pada Pemprov | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Dituding Mengintervensi APBD, DPRD Riau Pertanyakan pada Pemprov

0
Berita Riau -  Dituding Mengintervensi APBD, DPRD Riau Pertanyakan pada Pemprov
 
Pekanbaru, Riau24.com - Tersiar informasi, saat ada pertemuanya Sekda se Indonesia dengan KPK di Jakarta. Termasuk Sekda Riau. Dalam pertemuan ini, ada muncul beberapa anggapan bahwasa ada intervensi pembahasannya APBD oleh DPRD.
 
Hal ini, akhirnya dapat tanggapan dari anggota DPRD Riau. Seperti disampaikan Suhardiman, bahwa
tidak benar ada intervensi DPRD. Tapi yang dilakukan DPRD, yaitu
sebagai wakil rakyat dipilih rakyat ini melakukan fungsi perjuangkan aspirasi disampaikan warga.
 
"Kita inikan wakil rakyat, dijemput aspirasi dalam reses, dan dimana reses erupakan kewajiban DPRD yang dijelaskan didalam undang-undang. Artinya, kami menerima aspiras rakyat yang disampaikan pada pemerintah. Maka, didalam ini bukan intervensi," ujarnya.
 
Suhardiman menegaskan, bahwa bahasanya bukan intervensi, tapi lebih tepat memfungsikan peran masing-masing. Artinya, gubernur dan DPRD ini sangat jelas sama- sama dipilih masyarakat. Karena itu, juga sama berhak ini mengaju anggaran demi pembangunan.
 
Dilanjutkannya, seharusnya kalau benar-benar terbuka. Maka pokok pikiran di DPRD harus dimasukan dalam APBD. "Hak kita ada untuk mengajukan anggaran itu kepada pemerintah. Yaitu pengawaasan, budgeting dan pembuatan Perda. Tugas pokok DPRD," ujarnya.
 
Senada disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman ini saat dikonfirmasi. Menurutnya, itu intervensi yang dimaksud didalam pembahasan APBD oleh DPRD ini dari mana. Tapi yang jelas, DPRD itu ingin memasukan aspirasi dari masyarakat yang saat reses.
 
"Makanya dalam hal ini, Sekda itu harus tahu. Apakah kegiatan atau program yang untuk kepentingan masyarakat, itu dimaksud Sekda dengan mennamakan intervensi ?
Kalau memang itu, maka semesti
Sekda paham mana yang dinama intervensi dan aspirasi," ujarnya.
 
Kesempatan itu Politisi Demokrat dari Dapil Pekanbaru ini, berkata, DPRD memperjuangkan aspirasi yang diterima saat reses. Semua itu sangat jelas diatur di Undang- Undang. Selain itu sambungnya, dalam pembahasan anggaran ini dilakukan anggota DPRD.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru