riau24 Wow....Di KPID Riau ini Rupanya ada Pungli Juga ? | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Wow....Di KPID Riau ini Rupanya ada Pungli Juga ?

0
Berita Riau -  Wow....Di KPID Riau ini Rupanya ada Pungli Juga ?
 
Pekanbaru, Riau24.com - Dugaan adanya kebijakkan Pungutan Liar (Pungli) dibalik perizinan 'ditubuh' pihak Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau, sekarang ini mengapung ke permukaan. Yang seiring ini ada terbit Surat Edaran (SE) Menkominfo Nomor 1 tahun 2016.
 
Dimana dalam SE yang berisikan tentang larangan pada Lembaga Penyiarannya Berlanganan (LPB) 
mengutip iuran kepada pelangan. Namun, dalam hal ini Pungli yang seeharusnya tidak terjadi di KPID Riau sebagai embaga independen dalam pemantauan penyiaran. 
 
Permasalahan ini mencuat pasca mengendap terkait suatu Laporan Pertangungjawabanya Keuangan tahun anggaran 2013. Kali ini ada dugaan Pungli dibalik perizinan di KPID Riau. Pasalnya, diketahu ini LPB telah melakukan kutipannya iuran kepada setiap pelangan.
 
Penelusuran wartawan dari salah seoarang mantan petinggi yang di Sekretariat KPID Riau, dan diakui perusahaan tv kabel. Dimana, hal Pungli dibalik perizinanya ternyata itu berlangsung sejak tahun 2013 lalu. Dan kondisi demikian, masih berlangsung hingga sekarang.
 
Seperti pengakuan salah seorang Direktur salah satu di perusahaan TV Kabel. "Benar adanya seperti itu. Alasan oknum Komisioner tadi mengurus surat menyurat, paraf-paraf, tanda tangan dan biaya ke Jakarta. Angka berkisaran Rp10 juta hingga Rp 20 juta," ujarnya.
 
Dia menambahkan, Pungli oknum di KPID Riau ini sejak diajukannya ada permohonan melalui Evaluasi Dengar Pendapat (EDP), belanjut Rekomendasi Kelayakan (RK) itu mengikuti Forum Rapat Bersama (FRB) hingga Evaluasi Uji Siaran (EUS) dapat Izin Penyelengaraan Penyiaran Prinsip (IPPP) itu.
 
"Kalau siapa oknum mengurus ini, sangat mudah untuk ditelusuri di KPID Riau. Sebab dia selalu yang selama ini, mengurus ke Jakarta. Saya siap bila dikonfrontir dengan oknum komisioner KPID Riau soal adanya Pungli yang terjadi, dalam lembaga tersebut," terangnya.
 
Senada disampaikan mantan dari petinggi di Sekretariat KPID Riau ini. Saat itu dirinya, sudah pernah mencegat sejumlah direktur dari perusahaan TV Kabel yang ingin berjumpa salah seorang oknum komisioner KPID Riau. Ketiika itu ingin menjumpai ketua.
 
"Saya sempat bertanya, urusanya apa bisa berjumpa dengan Ketua KPID Riau. Dengan enteng, sang direktur itu menjawab bahwa ingin jumpa berikan ini uang mengurus perizinan IPP Prinsip. Saya, juga terkejut. Disebab, seluruh proses perizinan ini sudah dibiaya negara kecuali invoice pajak," ujarnya. 
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru