riau24 Jangan Terburu-buru Soal Kereta Cepat Cina | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Jangan Terburu-buru Soal Kereta Cepat Cina

1
Berita Riau -  Jangan Terburu-buru Soal Kereta Cepat Cina

Jakarta, Riau24.com - Pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung perlu lebih dicermati dalam sejumlah aspek untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kata pengamat transportasi Djoko Setijawarno.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu (14/2/2016), Djoko menjabarkan hal yang perlu dicermati meliputi mitigasi bencana di wilayah rel kereta, penyesuaian rencana tata ruang wilayah (RTRW) antar wilayah, perhitungan bisnis yang lebih rinci, dan kesiapan sumber daya manusia.

Ia mengatakan proyek kereta cepat perlu menyesuaikan RTRW nasional dengan provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat, Kabupaten/Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Timur, dan Kota Bandung.

Selain itu ia juga mengatakan perlu melibatkan ahli di bidang kebencanaan dalam studi amdal mengingat wilayah yang dilintasi rawan bencana.

"Meski sekarang sudah menerbitkan Surat Kelayakan Lingkungan dan Izin Lingkungan, melibatkan banyak ahli dan masukan dari masyarakat pasti akan mendapatkan hasil yang lebih baik," ujar Djoko.

Ia mencontohkan negara Jepang yang memiliki wilayah lebih rawan bencana alam dibanding Indonesia namun kereta cepat yang dibangun sudah teruji keselamatannya.

Djoko juga menekankan perlunya kajian bisnis yang lebih rinci termasuk risiko yang harus ditanggung dalam proyek tersebut mengingat ada keterlibatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai aset negara.

"Kesiapan SDM jangan dilupakan, tenaga kerja Indonesia harus dapat porsi lebih besar. Oleh sebab itu mulai sekarang sudah harus disiapkan dengan pola rekrutmen terbuka, sehingga akan mendapat SDM yang berkualitas," kata dia.

Djoko menambahkan agar proyek kereta cepat ke depannya dapat dilanjutkan hingga ke Surabaya dengan melintasi Cirebon, Semarang, dan Solo. 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Senin, 06 November 2017 22:27 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/cxXuCWP.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru