riau24 Lika-liku Revisi UU KPK | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Lika-liku Revisi UU KPK

1
Berita Riau -  Lika-liku Revisi UU KPK

Jakarta, Riau24.com - Bergulirnya usulan revisi Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi awal Februari ini bukan yang pertama.

Isu pelemahan KPK melalui revisi juga selalu muncul meskipun selalu dibantah oleh DPR RI dan Pemerintah. Bahkan, kedua pihak tersebut menyatakan revisi bertujuan memperkuat KPK.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan, misalnya. Dia mempertanyakan poin pelemahan KPK dalam rencana revisi UU KPK kali ini.

"Kalau empat poin yang dimaksud, saya tanya mana yang melemahkan dan melemahkan di mana?" katanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Luhut menilai keempat poin revisi diperlukan, salah satunya untuk melindungi hak asasi manusia (HAM) terkait dengan poin wewenang penerbitan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) oleh KPK.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan RI tersebut mendukung keinginan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat KPK dengan revisi tersebut.

Setali tiga uang, PDI Perjuangan sebagai pengusul revisi UU KPK beranggapan rancangan revisi yang ada saat ini sudah relatif cukup baik.

Untuk itu, PDI Perjuangan menegaskan tidak akan mengubah rancangan revisi.

"Mau diubah ke mana lagi?" kata perwakilan pengusul revisi UU KPK dari PDI Perjuangan Ichsan Soelistyo.

Di luar kepercayaan diri para penyelenggara negara tersebut, sejumlah pengamat menilai lahirnya KPK menimbulkan resistensi yang kemudian melahirkan upaya pelemahan. Hal tersebut telah terjadi pada KPK jilid-jilid sebelumnya.

Wacana Revisi Sebelumnya Indonesia Corruption Watch (ICW) mencatat upaya melakukan revisi UU No. 30/2002 muncul sejak 2010 dan merupakan regulasi yang paling alot pengusulan dan pembahasannya. 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Senin, 06 November 2017 22:26 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/cxXuCWP.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru