riau24 UR Mulai Daftarkan Akreditasi | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Pojok Kampus

UR Mulai Daftarkan Akreditasi

0
Berita Riau -  UR Mulai Daftarkan Akreditasi

Pekanbaru, Riau24.com - Akreditasi atau pentauliahan adalah suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan swasta. Salah satu contoh akreditasi adalah akreditasi pada metode tes laboratorium dan sertifikasi spesialis yang diperbolehkan mengeluarkan sertifikat resmi suatu yang telah memiliki standar. Semua instansi pendidikan mulai dari SD sampai tingkat perguruan tinggi berlomba untuk mendapatkan akreditasi terbaik.

Universitas Riau merupakan salah satu Universitas di Riau yang mendapat akreditasi yang patut dibanggakan. Akan tetapi, UR tidak serta merta berhenti dan cepat merasa puas. UR terus melakukan peningkatan-peningkatan. Melalui Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Sadjuga, menghimbau kepada seluruh dosen di Universitas Riau (UR) agar segera melakukan pendaftaran Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah untuk periode pertama paling lambat 31 Maret 2016, serta periode kedua paling lambat 31 Agustus 2016. Pendaftaran terbitan ini dapat dilakukan melalui laman http://arjuna.dikti.go.id, sedangkan untuk pendaftaran Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Cetak tetap diajukan secara manual.

Hal ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2011 tentang Terbitan Berkala Ilmiah. Pada tahun 2016 ini, sebagai masa transisi digunakan dua instrumen penilaian. Untuk terbitan berkala ilmiah elektronik menggunakan instrumen yang tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, sedangkan untuk terbitan berkala ilmiah cetak menggunakan instrumen Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Nomor 49/DIKTI/Kep/2011 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah yang keduanya dapat dilihat pada laman http://ristekdikti.go.id atau http://simlitabmas.dikti.go.id.

Pendaftaran akreditasi ini dalam rangka meningkatkan kualitas terbitan berkala ilmiah secara berkelanjutan melalui Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan melaksanakan akreditasi secara periodik dua kali setahun terhadap terbitan berkala ilmiah elektronik maupun cetak yang diterbitkan oleh perguruan tinggi, lembaga ilmiah, dan himpunan profesi di Indonesia.

Bagi berkala ilmiah yang belum terakreditasi atau masa berlaku akreditasinya tinggal enam bulan atau sudah berakhir, dapat mengusulkan kembali untuk mendapatkan akreditasi. Bagi berkala ilmiah yang baru, untuk mengajukan akreditasi minimal telah berusia tiga tahun dan terbit minimal dua nomor per tahun. Tentunya usulan yang masuk akan dievaluasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru