riau24 27 Desa di Rohul Belum Teraliri Listrik PLN | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

27 Desa di Rohul Belum Teraliri Listrik PLN

0
Berita Riau -  27 Desa di Rohul Belum Teraliri Listrik PLN

Rohul, Riau24.com - Melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tingginya aspirasi masyarakat untuk pengadaan Listrik Desa (Lisdes) bagi desa yang belum mincicipi listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Rokan Hulu Drs. Yusmar Yusuf mengungkapkan akan menampung semua usulan aspirasi masyarakat.

Yusmar mengatakan, mengenai program Lisdes ‎pihaknya akan memperjuangkannya. Namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi usulan dari setiap desa mengenai pengadaan jaringan listrik atau Lisdes.

Seperti pengadaan jaringan atau infrastruktur dari Lisdes, tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit, bisa dibilang besar dalam pengadaan infrastruktur dari Lisdes. Setelah dibangun tentunya harus dialiri arus listrik.

"Nah, setelah kita bangun infrastruktur tentunya harus dialiri arus, apakah arus kita sudah mencukupi ataukah masih kurang. Tentunya perlu dilakukan kajian terlebih dahulu, jika kurang tentunya kita perlu meminta ke darah lain yang terdekat dengan jaringan yang telah terpasang," katanya, Senin (15/2/2016).

Lebih lanjut dijelaskanya, faktor yang paling mempengaruhi yakni kewenangan dari pihak Distamben mengenai Lisdes sudah diserahkan ke pihak ESDM Provinsi Riau. Dengan begitu pihak kabupaten tidak lagi berwenang dalam pengadaan Lisdes.

Walaupun begitu, pihaknya tetap membantu dalam pengusulan Lisdes, baik di tingkat Provinsi maupun pusat. Sehingga usulan dari desa tetap bisa diperjuangkan.

"Memang sebelumnya di 2014 kita masih punya wewenang melalui APBD, namun saat ini sudah diserahkan ke pihak Pemrov," ucapnya.

Yusmar menjelaskan, diakuinya, Krisis listrik yang masih terjadi di Rohul masih perlu perhatian dari pemerintah. Pasalnya, ada sekitar 27 desa yang belum teraliri listrik dari PLN.

Hingga awal 2016, sekitar 133 desa teraliri listrik dari PLN. Sedangkan 27 desa lain belum teraliri listrik PLN, tentunya dari 27 desa inilah yang perlu mendapat perhatian khusus.

Diakuinya, desa yang belum tersentuh jaringan listrik pada umumnya terjadi di 16 kecamatan yang lokasinya jauh dari jaringan tegangan tinggi menengah listrik milik PLN.

"Termasuk desa terpencil, dan akses transportasi ke desa sangat sulit," ujarnya.

Sedangkan, Rasio Elektrifikasi (RE) PLN di Kabupaten Rohul baru saat ini mencapai 57,46 persen, terdiri 90.455 pelanggan, serta 157.422 rumah tangga.

"Dengan begitu masih ada sekira 27 desa lagi yang belum tersentuh listrik dari PLN," pungkasnya.

R24/red/ags 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru