riau24 KTP-el Berlaku Seumur Hidup | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

KTP-el Berlaku Seumur Hidup

0
Berita Riau -  KTP-el Berlaku Seumur Hidup

DUMAI, Riau24.com – Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) telah menerima Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 470/296/SJ tanggal 29 Januari perihal KTP-el berlaku seumur hidup.

“ Surat Edaran Mendagri perihal KTP–el berlaku seumur hidup sudah kita terima, dengan dikeluarkannya SE tersebut, maka KTP-el berlaku seumur hidup,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Dumai, Suardi S.Sy diruang kerjanya kemarin.

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa KTP–el yang diterbitkan sejak 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya, kecuali ada perubahan data misalnya pindah alamat atau berubah status perkawinan dan lainnya.

Surat edaran tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Meskipun pada fisik KTP-el mencantumkan masa berlakunya, namun KTP-el tersebut masih berlaku untuk seumur hidup, kecuali terdapat perubahan elemen data seperti alamat dan status perkawinan.

“ Untuk itu warga Kota Dumai tidak perlu lagi mengurus perpanjangan KTP-el yang masa berlakunya sudah berakhir,” kata mantan Kepala Kantor Pelayanan Pasar kota Dumai itu.

Dan berkenaan dengan hal tersebut kepada instansi baik pemerintahan dan swasta yang ada di Kota Dumai agar memahami aturan ini.

“ Dan kepada camat dan lurah sudah kita minta untuk mensosialisasikan surat edaran Mendagri kepada warga Dumai,” harapnya.

Suardi menambahkan, bahwa KPT–el merupakan kartu identitas dengan satu nomor induk kependudukan yang berlaku secara nasional.

“ Meski demikian, pemegang KTP elektronik tetap diwajibkan mengajukan permohonan baru jika pindah domisili dari satu Kabupaten/Kota ke Kabupaten/Kota lain sebagai upaya mewujudkan ketertiban administrasi kependudukan,” terangnya.

 

R24/red/dik

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru