riau24 Hasil Panen Padi Anjlok, TNI Bantu Petani Desa Menaming | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Hasil Panen Padi Anjlok, TNI Bantu Petani Desa Menaming

0
TNI Bantu Panen Petani di Desa Menaming
Berita Riau -  Hasil Panen Padi Anjlok, TNI Bantu Petani Desa Menaming
Rohul, Riau24.com - Panen tanaman padi petani di Desa Menaming, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu anjlok.

Menurut petani di Desa Menaming, hasil panen mereka menurun akibat serangan hama tikus dan wereng. Hal tersebut diperparah karena saluran irigrasi yang belum merata yang mengaliri areal persawahan.

Semisal dialami Ag Petani padi sawah di Desa Menaming ini mengakui sejak hama tikus dan wereng menyerang tanaman padi mereka, hasil panen kurang memuaskan.

Ag mengakui, hama tikus dan wereng menyerang saat tanaman padi mereka memasuki usia sekitar 2 bulan. Saluran air tersedia juga sudah tak mampu lagi mengaliri sawah mereka.

"Karena minimnya saluran irigrasi yang ada sekarang, ditambah adanya hama tikus dan wereng, hasil panen kurang memuaskan," ujar Ag.

Ag menambahkan selain hasil panen anjlok, pertumbuhan tanaman padi di daerah mereka kurang maksimal, dampak kekurangan pasokan air.

Sementara itu, Babinsa Koramil 02 Rambah, Serka Yendri, bersama PPL Efriyanto, dan Kades Desa Menaming Firdaus Daulay ikut membantu petani dalam memanen hasil panen padi mereka. Hal itu dilakukan guna menumbuhkan semangat petani agar tak takut gagal.

Serka Yendri mengakui TNI bukan baru kali ini turun ke sawah. Namun sejak instruksi Presiden Joko Widodo, personil TNI giat dalam mengawal Program Ketahanan Pangan.

"Kita (TNI) terus dan terus memantau setiap perkembangan tanaman petani di Desa Menaming bersama PPL dan Pak Kades (Firdaus)," jelas Serka Yendri.

Menurutnya, hal itu dilakukan TNI agar para petani tidak berputus asa. Mereka harus tetap semangat menghadapi hasil panen yang kurang memuaskan, untuk menyambut musim tanam berikutnya.

"Dalam memberantas hama yang sekarang ini, kami sudah siapkan langkah-langkah atau tehnik cara untuk menanganinya hama tersebut," pungkas Serka Yendri.


R24/red/ags
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru