riau24 Arab Saudi Melunak, Menteri ESDM Prediksi Minyak Dunia Membaik | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Arab Saudi Melunak, Menteri ESDM Prediksi Minyak Dunia Membaik

1
Menteri ESD) Sudirman Said memperkirakan harga minyak dunia akan kembali bangkit saat ketiga negara penghasil minyak terbesar sepakat memangkas produksi/ Ilustrasi
Berita Riau -  Arab Saudi Melunak, Menteri ESDM Prediksi Minyak Dunia Membaik
JAKARTA, Riau24.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said memperkirakan harga minyak dunia akan kembali bangkit pada tahun depan. Sebab, pasar akan merespon kebijakan "price setting" yang dilakukan pemerintah Arab Saudi dengan mengambil inisiatif untuk bertemu dengan Rusia dan Venezuela.

Dia mengatakan, ketiga negara penghasil minyak tersebut sepakat untuk menjaga agar produksi minyak tidak bertambah lagi. Kondisi tersebut memberikan dampak terhadap perbaikan harga minyak dunia.

"Mereka bertiga sepakat untuk face. Artinya, menjaga produksi (minyak) tidak nambah lagi. Saya kira Anda lihat ada impact dikit," katanya di Gedung Ditjen Kelistrikan Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (18/2/2016).

Apalagi lanjut dia, kabar dunia menyebutkan bahwa Iran akan turut serta dalam pertemuan tersebut dan menjaga agar produksi minyaknya tidak terus dipompa. Dengan demikian diprediksi, akan kembali terjadi penguatan balik (rebound) terhadap harga minyak dunia.

Menurutnya, saat suplai minyak terus membanjir mereka pasti akan berpikir untuk mencari keseimbangan baru. Harga minyak tidak bisa dibiarkan terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

"Terlalu rendah itu tidak saja matikan industri, tapi berpotensi menimbulkan krisis. Nah, terlalu tinggi, saya kira produsen negara konvensional seperti Timur Tengah akan bereaksi negatif. Yang masuk ke pasar adalah minyak non konvensional dan OPEC nya akan bersikap seperti itu," terang dia.

Mantan Bos Pindad ini menuturkan, harga minyak dunia akan rebound setahun ke depan meskipun tidak terlalu tinggi. Karena, saat para punggawa minyak ini sudah lelah bertengkar maka akan timbul keseimbangan baru.

‎"Ketika mereka sudah capek berantem, banting-membanting, mungkin akan ketemu keseimbangan. Temen saya di Abu Dhabi tahun lalu, saya katakan ini kan seperti bet to bet. Kalo satu pihak mengambil terlalu banyak, yang satu akan bereaksi. Karena itu semua pihak harus menjaga diri untuk ambil yang secukupnya, sepatutnya. Mungkin ini akan terjadi‎," tandasnya.

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Senin, 06 November 2017 22:35 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/cxXuCWP.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru