riau24 RSUD Taluk Kuantan Belum BLUD | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

RSUD Taluk Kuantan Belum BLUD

0
Direktur RSUD Taluk Kuantan, Dr. David Oloan, M. Kes
Berita Riau -  RSUD Taluk Kuantan Belum BLUD

Kuansing, Riau24.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taluk Kuantan, yang telah berdiri dengan megah di kompleks perkantoran Pemkab Kuantan Singingi, ternyata satu-satunya yang belum menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Padahal berubahnya pengelolaan RSUD ke BLUD tidak merubah jenis pelayanan RS, malah diharapkan lebih baik karena seluruh pengelolaan diserahkan ke pihak RS, terutama keuangannya yang mana dulunya semua pendapatan RS diserahkan ke Pemkab. Dengan berubahnya menjadi BLUD semua pendapatan RS dikelola langsung oleh manajemen RSUD tu sendiri.

Sehingga terlihat sangat fleksibilitas dalam konsep BLUD, yakni rumah sakit diberikan kebebasan untuk mengelola pendapatannya sendiri tanpa harus disetor ke kas daerah terlebih dahulu. Belum berubahnya status RSUD Taluk Kuantan menjadi BLUD, diakui Direktur RSUD Taluk Kuantan, Dr. David Oloan, M. Kes kepada wartawan.

Menurutnya, RSUD Taluk Kuantan masih berstatus Type C dan belum berubah pengelolaannya ke BLUD dan hanya tinggal RSUD saja lagi di Provinsi Riau, sementara RSUD kabupaten/kota lainnya sudah menjadi BLUD.

Ditanya alasan kenapa RSUD Taluk Kuantan beralih menjadi BLUD, "mungkin masih tanggung dan menanti Bupati baru. Sedangkan keunggulan kalau sudah BLUD in tidak lagi mengejar PAD, dan anggaran tidak lagi menunggu disahkannya APBD, tapi bisa langsung menggunakan anggaran yang ada," ujarnya David.

"BLUD ini, kalau sudah berjalan tentunya akan memiliki kas tersendiri yang bisa digunakan langsung untuk membeli obat-obatan di RSUD. Untuk pengadaan obat-obatan tidak lagi menunggu tender dari pusat, tapi tiap bulan bisa dibeli, sehingga obat-obatan tersedia terus," tambahnya.

Kalau sekarang, RSUD masih serba kekurangan, terutama dalam penyediaan obat-obatan, karena memang tendernya dilakukan oleh Pemerintah Pusat. "Kalau sudah BLUD kita bisa menjaga ketersediaan obat dan alat medis habis pakai demi memenuhi keperluan pengobatan pasien, pembayaran jasa medis semakin lancar dan tindakan medis pun dapat diberikan dengan cepat oleh tenaga medis kepada pasien," paparnya.

"Karena memang BLUD ini, tujuannya bukan semata-mata untuk mencari keuntungan, tetapi lebih mengutamakan misi sosial dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," tukasnya.

 

R24/red/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru