riau24 Harper Lee Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun | Berita Riau
Kamis, 08 Desember 2016

Harper Lee Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun

0
Foto: Istimewa/ Berbagai sumber
Berita Riau -  Harper Lee Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun
Jakarta, Riau24.com - Dunia sastra internasional berduka dengan kepergian penulis 'To Kill a Mockingbird' dan 'Go Set a Watchman' di usia 89 tahun. Kabar meninggalnya Harper Lee dikonfirmasi oleh Dewan Kota Monroeville, Alabama pada 20 Februari waktu setempat.

Selama bertahun-tahun, Lee adalah perempuan pemalu yang hidup sendiri dan selalu menolak permintaan diwawancara. Dia diketahui menderita stroke dan gangguan pendengaran dan menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di sebuah panti jompo di kampung halamannya.

Selebriti Hollywood dan penulis dunia turut mengucapkan belasungkawa. Oprah Winfrey di akun Twitter-nya sempat berkicau.

"Harper Lee penulis favoritku nomor satu. Saya selalu ingin mewawancarai dia. Tapi dia bilang, 'sayang, saya sudah mengatakan semuanya apa yang telah saya katakan'." #RIPHarper Lee

Stephen King pun mengatakan hal yang sama. "Mari kita rayakan kehidupan Harper Lee, yang menulis novel Amerika klasik dan menolong temannya Truman Capote menulis kisah yang lainnya," kicaunya.

Agen sastra Lee, Andrew Nurnberg mengunjunginya bulan lalu. "Ketika saya melihatnya, dia masih berbicara dengan cerdas dan tajam. Dia mengutip Thomas More dan berbicara tentang sejarah Tudor. Kami telah kehilangan seorang penulis besar yang brilian sepanjang masa," ucapnya, dilansir berbagai sumber.

Lee yang kelahiran 1926 lahir dari pasangan pengacara Coleman Lee dan Frances Cunningham. Karya pertamanya yang meraih Pulitzer Prize mengisahkan tentang kasus rasisme di Amerika dan berhasil terjual lebih dari 40 juta kopi di seluruh. 55 tahun kemudian, sebuah naskah ditemukan di perpustakaan pribadi rumahnya, yang ternyata adalah sekuel dari 'To Kill a Mockingbird'.

'Go Set a Watchman' pun menjadi buku paling fenomenal dirilis 2015 lalu dan menjadi perbincangan dunia. Lebih dari 70 negara memperebutkan hak terbit dan penterjemahannya, termasuk Indonesia yang dipegang oleh Penerbit Mizan.
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam