riau24 Mulai Besok Aturan Kantong Plastik Berbayar di Pekanbaru Resmi Berlaku | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Mulai Besok Aturan Kantong Plastik Berbayar di Pekanbaru Resmi Berlaku

0
Berita Riau -  Mulai Besok Aturan Kantong Plastik Berbayar di Pekanbaru Resmi Berlaku
Pekanbaru, Riau24.com- Mulai Minggu besok (21/2/2016), seluruh ritel di Pekanbaru wajib memberlakukan kantong plastik berbayar. Masyarakat yang berbelanja di ritel harus membayar bungkus plastik belanjaannya.  
 
Demikian dikatakan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pekanbaru, Zulfikri. Disampaikan, hal ini sebagai wujud menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor S.71/Men LHK II/ 2015. 
 
"Mulai Sabtu besok, atau bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari, pemerintah memberlakukan plastik berbayar di ritel. Masyarakat harus membayar plastik bungkusan belanjaanya," ujar Zulfikri. 
 
Selain itu, terkait kebijakan ini, Zulfikri mengaku sudah melakukan rapat kordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.
 
"Kita sudah undang dinas terkait mulai dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pasar (Dispas), Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk membahas dukungan agar kantong berbayar bisa diterapkan di Pekanbaru. Sekarang ini tinggal disosialisasikan kepada masyarakat saja,"tambahnya.
 
Meski Pekanbaru sebenarnya belum siap melakukan penerapan kantong berbayar, pihaknya sangat optimis Pekanbaru bisa sesuai target seperti yang diinginkan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) bersama dengan puluhan Kota lainnya.
 
"Secara fisiknya kita belum siap memang. Karena kita belum buat surat edaran dan juga mensosialisasikan kepada masyarakat. Tapi kami optimis, tepat 21 Februari bisa serentak menerapkan bersama daerah lainya yang telah ikut bergabung,"tutupnya.
 
 
R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru