riau24 Pemprov Riau Targetkan 30 Puskemas Terakreditasi di Tahun 2016 | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Pemprov Riau Targetkan 30 Puskemas Terakreditasi di Tahun 2016

0
Berita Riau -  Pemprov Riau Targetkan 30 Puskemas Terakreditasi di Tahun 2016
Pekanbaru, Riau24.com- Untuk memberikan pelayan kepada masyarakat, 30 Puskesmas diharapkan terakreditasi ditahun 2016. Hal ini disampaikan dalam pidato Plt. Gubri H Arsyadjuliandi Rahman pada pembukaan Rakerkesda Tahun 2016 di Hotel Jatra Pekanbaru, Jumat malam.
 
Pemerintah Provinsi Riau tengah menggalakkan Sustainable Development Goal (SDG's) dimana kerjasama lintas sektoral terkait harus bersinergi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Riau.
Saat ini pelayanan kesehatan dimasyarakat mulai ada tuntutan untuk profesional, berkualitas, transparan, terukur, tepat waktu dan mudah diakses.
 
Untuk mendukung hal tersebut Plt. Gubri mengatakan bahwa pemerintah provinsi Riau terus melakukan perbaikan.
 
Menurut Plt. Gubri, Bagaimana kita bisa memberi pelayanan kesehatan terbaik di Puskesmas itu kuncinya ternyata banyak, selain mengobati juga membina masyarakat.
 
"Meskipun Riau mengalami pemotongan anggaran bagi hasil, namun kami tetap berusaha meningkatkan layanan di rumah sakit dengan investasi menambah ruangan dan peralatan dan juga SDM. Begitu juga lingkungan, masalah air bersih belum selesai, listrik jg blm selesai, pendidikan juga blm selesai. 
Mari kita bersama sama bersinergi antara pusat, provinsi dan kab/kota," ujarnya.
 
Untuk mendukung pelayanan kesehatan yang lebih baik dan juga untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan, bukan hanya proses akreditasi yanh sedang digesa, namun kuantitas sarana puskesmas dan puskesmas pembantu juga ditingkatkan. Tercatat jumlah puskesmas tahun 2010 sebanyak 200 unit, ditahun 2015 meningkat menjadi 221. Sedangkan pustu terjadi peningkatan jumlah dari 816 unit ditahun 2000 menjadi 933 ditahun 2015.
 
Untuk mendukung pelayanan rujukan di Rumah Sakit, di tahun 2016 pemerintah Provinsi Riau telah mengalokasikan bantuan keuangan sebanyak 604 milyar.
 
Saat ini dari 17 Rumah Sakit , 15 diantaranya telah terakreditasi.
Diakhir sambutannya Plt.Gubri berharap kab/kota dapat bersinergi dengan provinsi dan pusat.
Tema Rakerkesda tahun ini mengangkat tema "Penguatan pelayanan kesehatannprimer dalam rangka mendukung pelayanan kesehatan rujukan untuk masyarakat Provinsi Riau.
 
 
R24/adi/rls
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru