riau24 Bupati Bengkalis Hadiri Rakornas Dana Desa di Jakarta | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Bupati Bengkalis Hadiri Rakornas Dana Desa di Jakarta

0
Bupati Bengkalis Amril Mukminin Berbincang Dengan Asisten I Prov Riau H Ahmad Sah Harrofie Sebelum Mengikuti Rakornas Dana Desa di Jakarta, Senin (22/2/2016).
Berita Riau -  Bupati Bengkalis Hadiri Rakornas Dana Desa di Jakarta

BENGKALIS, Riau24.com - Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengingatkan agar seluruh Kepala Desa (Kades) di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini benar-benar memanfaatkan dana desa yang diterima untuk peningkatan pembangunan infrastruktur. Infrastruktur yang berdampak dan bermanfaat bagi percepatan perkembangan roda perekonomian masyarakat desa.

Dalam pemanfaatannya, khususnya dalam pembangunan infrastruktur desa harus dilakukan melalui padat karya. Tidak boleh melibatkan orang ketiga atau diproyekkan Harus swakelola dan tidak boleh dikerjakan oleh perusahaan.

Hal ini dikatakan Bupati Bengkalis Amril Mukmimin Senin (22/2/2016) usai mengikuti pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pembangunan dan Pemberdayaan Desa serta Evaluasi Dana Desa 2015 dan Persiapan Penyaluran Dana Desa 2016.

Kemudian, tenaga kerja yang dipekerjakan harus warga tempatan. Bahkan kalau memungkinkan dan memang tersedia di desa, seluruh bahan bakunya dibeli dari warga setempat.

“Misalnya batu bata untuk apa, tujuannya agar roda perekonomian masyarakat di wilayah desa tersebut bisa berkembang cepat. Karena tujuan dari adanya dana desa yang dikucurkan pemerintah itu adalah untuk mensejahterakan rakyat dan memajukan desa,” jelasnya.

Rakornas yang ditaja Kementerian Desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden H. Jusuf Kalla tersebut, dilaksanakan di Ruang Birawa Assembly Hall Lantai 2 Bidakara Hotel Jakarta.

Kepada seluruh Kades di daerah ini, Amril juga mengingatkan agar dana desa yang diterima dipergunakan secara transparan. Setiap pemanfaatannya harus tepat sasaran dan perencanaannya sejak awal mesti diketahui masyarakat.

"Tidak boleh ada yang disembunyi-bunyikan, Kalau perlu tempel di tempat-tempat umum setiap rencana penggunaan dana desa" katanya.

Kepada seluruh masyarakat desa dia berharap, agar segera melaporkan bila ada dana desa yang diperuntukkan tidak sesuai ketentuan, tidak tepat sasaran, tidak tepat guna. Begitu juga bila ada kepala desa, camat atau aparat kabupaten yang menyelewengkan dana desa.

 "Segera laporkan pada kami bila ada dana desa yang penggunaannya tidak transparan, tidak tepat guna, dan tidak tepat sasaran. Begitu juga bila ada indikasi dana tersebut diselewengkan. Tidak perlu takut," pesan Amril.

Amril menegaskan, bersama Wakil Bupati Bengkalis H. Muhammad, pihaknya akan Berkeliling ke desa untuk memastikan dana desa digunakan sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan pemerintah.

 

R24/red/yus

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru