riau24 Abdul Rahim: Disaat ini, Disnaker Pekanbaru Belum ada Milik Perda IMTA  | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Abdul Rahim: Disaat ini, Disnaker Pekanbaru Belum ada Milik Perda IMTA 

0
Berita Riau -  Abdul Rahim: Disaat ini, Disnaker Pekanbaru Belum ada Milik Perda IMTA 
 
Pekanbaru, Riau24.com - Hingga kini, Disnaker Kota Pekanbaru ini belum ada memiliki hal Perda Izin Mempekerja Tenaga Asing (IMTA) sebagaimana telah direncanakan pada tahun 2015. Sehingganya ini masih tetap menjadi kewenangan bagi pemerintah pusat. 
 
Demikian disampaikannya Kepala Disnaker Pekanbaru melalu Kabid Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja, Abdul Rahim kepada media ini. Dijelaskannya, draft Ranperda ini telah diajukan ke DPRD. Maka, diharapkan segera dibahas, serta disahkan ini menjadi Perda.
 
"Kini berkas atau draft Ranperda IMTA sudah diserahkan ke DPRD Pekanbaru. Tentunya, diharapkan ini bisa segera dibahas, sehingga menjadi Perda nantinya. Dan bisa menjadi PAD, yang sebagaimana diharapkan. Sebab selama ini jadi wewenang pusat," katanya.
 
Abdul Rahim mengatakan, sebab
sekarang pengurusanya daripada IMTA masih di kementerian. Yang diketahui, sambungnya, tapi kalau Perda yang diajukan Disnaker ini sudah disetujui atau disahkan. Itu sebagian kewenangan dari pusat ini akan beralih pada daerah.
 
"Selama ini tanpa adanya Perda IMTA, retribusi yang dibayarkan perusahaan mempekerjakan TKA itu, akan mengalir ke pemerintah pusat. Dimana, sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja, setiap satu TKA wajib membayar retribusi US 100 per bulan," terangnya. 
 
Artinya, kalau sudah ada Perda IMTA, maka potensi ini akan akan menambah dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemko Pekanbaru‎. Maka, disini Disnaker Pekanbaru berharap Perda IMTA bisa segera terealisasi, sebab selama ini akan perizinan masih wewenang pusat. 
Kesempatan itu Abdul Rahim juga menjelaskan, dalam hal ini harus memiliki Rencana Penempatan Tenaga Kerja Asing (RPTKA). Itu mengenai lokasi dan jabatannya. Kemudian baru mendapat izin menggunakan tenaga kerja asing (IMTA) dari kementrian.
 
R24/rul
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru