riau24 Zul As Launching Raskin 2016 | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Zul As Launching Raskin 2016

0
Wako Dumai Zul As Launching Raskin 2016
Berita Riau -  Zul As Launching Raskin 2016
DUMAI,Riau24.com – Walikota Dumai H. Zulkifli AS bersama Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo melaunching beras miskin (Raskin) atau beras untuk keluarga sejahtera (Rastra) tahun 2016 yang dipusatkan di Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan, Senin kemarin.

Walikota memberikan Apresiasi terhadap pelaksanaan Launching program Raskin/Rastra Tahun 2016 oleh Dinas Sosial Kota Dumai bekerjasama dengan Bulog Sub Devisi Regional Dumai.

“ Akan ada perubahan nomenklatur. Kedepan pemerintah akan mengganti istilah Raskin menjadi Rastra atau beras untuk keluarga sejahtera. Hal ini menjadi do’a kepada kita semua agar masyarakat sejahtera,” ujar Zul As.

Walikota berharap pembagian Raskin/Rastra dapat membantu meringankan beban warga kurang mampu di Kota Dumai, untuk itu, Ia berharap petugas yang terlibat dalam penyaluran raskin/rastra dapat bekerja dengan baik sehingga raskin/rastra dapat disalurkan tepat sasaran.

“ Kepada Bulog saya juga berharap agar memberikan raskin dengan kualitas terbaik. Beras yang disalurkan harus berkualitas baik agar layak konsumsi, bukan beras yang sudah menghitam akibat lama ditumpuk didalam gudang, tidak berbau, dan tidak berkutu. Untuk itu Bulog Kota Dumai harus melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum menyalurkan Raskin/Rastra kepada Rumah tangga Sasaran (RTS) penerima manfaat. Jika ditemukan beras yang tidak layak konsumi, saya minta segera diganti,” tegasnya.

Lanjutnya, pembagian Raskin/Rastra sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat di Kota Dumai, maka dari itu program tersebut perlu mendapat dukungan dari seluruh instansi terkait.

“ Kepada Instansi terkait saya minta untuk terus melakukan validasi data agar tidak ada persoalan dalam pembagian Raskin/Rastra. Karena persoalan yang terus muncul pada saat pembagian raskin adalah data penerima yang selalu dianggap tidak memihak kepada masyarakat kurang miskin/kurang mampu” pintanya.

Tetapi ada benarnya juga, banyak kita lihat penerima raskin masuk dalam kategori sejahtera. Mereka yang membawa kendaraan bermotor dapat raskin, justru terkadang yang tidak mampu tidak mendapatkannya. Disampingi itu saya akui, kita hanyalah manusia yang tidak luput dari kesalahan, mungkin dalam pendataan terjadi human error, namanya manusia terkadang bisa bersifat netral terkadang subjektif serta memihak.

Akibatnya, dimana-mana saat pembagian raskin selalu terjadi komplain, untuk itu saya berharap kepada instansi terkait agar melakukan validasi data. RTS penerima manfaat harus benar-benar di cek agar raskin dapat disalurkan tepat sasaran.

Terakhir Zul AS mengajak semua pihak terkait untuk mensukseskan program Raskin/Rastra.

“ Ini adalah amanah pemerintah pusat sehingga aparat dibawahnya harus melaksanakannya dengan baik mulai dari pendataan hingga pendistribusian ke RTS penerima manfaat, dan yang terpenting adalah raskin yang disalurkan juga harus baik dan layak konsumsi,” tutupnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kota Dumai Chairuddin Adnan mengatakan, jumlah penerima Raskin tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya.

“ Jumlah penerima Raskin tahun ini tidak terjadi perubahan. Jumlahnya sama dengan tahun lalu sebanyak 9.423 RTS penerima manfaat,” sebutnya.

Lanjutnya, jumlah tersebut masih mengacu pada data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Jumlah alokasi per bulannya juga tetap yakni 15 kg per bulan dan dibagikan setiap triwulan.

Chairuddin juga mengatakan bahwa akan ada perubahan data penerima Raskin/Rastra. Saat ini tim tengah bekerja mempersiapkan datanya. Kalau tidak salah akan ada pengurangan sekitar 400 RTS. Namun saat ini Raskin masih disalurkan kepada RTS penerima manfaat mengacu pada data 2015.

Kepala Perum Bulog Sub Divisi Regional Dumai, Titov Agus Sabelia mengatakan bahwa Bulog Dumai berkomitmen menyalurkan raskin kualitas terbaik. Hal itu dapat terlihat saat penyaluran raskin 2015 tidak ditemukan persoalan yang berati. Selanjutnya jika ada komplain kami langsung menggantinya.

“ Bulog berkomitmen mensukseskan program raskin dengan menyalurkan raskin kualitas terbaik. Hal itu dapat terlihat saat penyaluran raskin 2015 tidak ditemukan persoalan yang berati. Selanjutnya jika ada komplain kami langsung menggantinya,” kata Titov.

Pihaknya juga berharap penyaluran Raskin 2016 dapat berjalan lancar dan tepat sasaran. Jika ada beras yang tidak baik kami minta agar segera menyampaikannya kepada petugas, dan pihaknya berjanji akan segera menggantinya.

Terakhir Walikota Dumai, H. Zulkifli AS didampingi Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo dan undangan lainnya secara simbolis menyerahkan raskin/rastra kepada perwakilan warga yang masuk dalam daftar RTS penerima manfaat raskin 2016.


R24/red/dik
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru