riau24 Hadapi Pin Polio , 32.000 Balita dan 300 Pos | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Hadapi Pin Polio , 32.000 Balita dan 300 Pos

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Hadapi Pin Polio , 32.000 Balita dan 300 Pos

Kuansing, Riau24.com - Untuk menghadapi pelaksanaan PIN Polio secara serentak diseluruh Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 15 Maret mendatang, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi telah mempersiapkan sebanyak 32.000 bayi lima tahun (balita) dengan 300 pos pelayanan terpadu.

" Karena ini agenda nasional dan dilaksanaan secara serentak di seluruh Indonesia, maka kita persiapkan posyandu sebanyak 300 unit dan balita sebanyak 32.000 untuk diberikan pin polio," " ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi, Dr. Reza Dcahyadi, M. Kes melalui kepala bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dr. Detri Elvindra ketika dihubungi.

Menurutnya, pemberian vaksin polio terhadap balita merupakan yang terakhir kalinya dalam Trivalen Oral Polio (TOP) vaksin, dengan target 95 persen dari sasaran dalam jenis top ini, sebab pada bulan Juli mendatang juga dilakukan secara serentak seluruh Indonesia pemberian
injeksi.

" Jadi pada bulan Juli mendatang juga akan dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia pemberian injeksi, atau obat tetes murni (polio injeksi baru vorya) yang disebut juga dengan era dikasi polio global 2020," paparnya.

Guna untuk menghadapi hari vaksinasi polio sebanyak 32.000 balita dan 300 posyuandu di Kuansing, Diskes membutuhkan anggaran sebesar Rp. 300 juta lebih, akan tetapi karena minimnya anggaran maka melakukan kerjasama dengan perusahaan yang beroperasi di Kuansing yakni PT. RAPP dan PT. TBS, ujarnya.

" Kita akan rangkul PT. RAPP dan PT. TBS, dan mereka mensupport untuk
kegiatan tersebut," tuturnya.

Padahal tujuan pemberian pin polio terhadap balita, untuk menurunkan angka kesakitan campak dan menutup kesenjangan imunitas campak yang terjadi selama tiga tahun terakhir. Sementara untuk tingkat Kuansing akan dilaksanakan pembukaan pada saat apel bendera Senin yakni tanggal 7 Maret mendatang, selanjutnya untuk kegiatan pemberian pin polio tetap tanggal 8 sampai 15 maret di seluruh posyandu yang tersebar di Kuansing," tukasnya. 

 

R24/red/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru