riau24 Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru Pertanyakan Dasar Hukum SE Plt Gubri | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru Pertanyakan Dasar Hukum SE Plt Gubri

0
Berita Riau -  Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru Pertanyakan Dasar Hukum SE Plt Gubri
Pekanbaru, Riau24.com- Terkai dengan Surat Edaran Plt Gubernur Riau Arsyaduliandi Rachma Nomor 27/SE/2015 tentang Optimalisasi Penanganan Perkara melalui pengadilan dan di luar pengadilan. Adanya SE ini mendapat tanggapan dari Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru Idianto.
 
Orang nomor satu di Kejari itu mempertanyakan landasan hukum dikeluarkannya SE tersebut, tepatnya pada poin keempat yang menyebutkan penanganan litigasi (pidana).
 
Dalam poin itu disebutkan bahwa jika penyidikan kasus pidana terlebih dulu memberitahukan kepada kepala daerah, terkecuali untuk kasus tangkap tangan, melakukan pidana dengan ancaman hukuman lebih dari lima tahun, serta sangkaan telah melakukan kejahatan negara.
 
"Kita semua di mata hukum sama. SE itu dasar hukumnya apa," tanya Kajari.
 
Menurut Idianto, proses pengawalan APBD tidak berkaitan dengan tahapan penegakkan hukum, penyelidikan atau pun penyidikan. Idianto menegaskan proses penegakkan hukum berpegang kepada aturan dan ketentuan yang berlaku, bukan Surat Edaran.
 
"Dalam hal penegakkan hukum, kejaksaan akan berkoordinasi dengan inspektorat daerah. Ini juga berkaitan dengan proses perhitungan kerugian negara jika dalam penyidikan dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor)," sebut Idianto.
 
Sebelumnya, salinan SE ini pernah dibawa seorang pejabat Pemprov Riau yang dimintai keterangannya oleh penyidik Kejari Pekanbaru. Namun yang bersangkutan tetap diperiksa, dan SE itu tak diperdulikan.
 
Menurut Idianto, SE ini dikhawatirkan akan mengganggu proses penegakkan hukum di Riau. Kendati demikian, Kajari menegaskan jika jajarannya tidak berpegangan pada SE tersebut.
 
 
R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru