riau24 AS dan China Susun Sanksi Keras untuk Rezim Kim Jong-un | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

AS dan China Susun Sanksi Keras untuk Rezim Kim Jong-un

1
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. | (KCNA/Reuters)
Berita Riau -  AS dan China Susun Sanksi Keras untuk Rezim Kim Jong-un
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan China telah mencapai kesepakatan untuk menyusun sanksi ekonomi yang keras untuk rezim Korea Utara (Korut) yang dipimpin Kim Jong-un.
 
Sanksi keras disusun dua kekuatan utama Dewan Keamanan PBB itu setelah Korut nekat menguji coba senjata nuklir dan roket jarak jauh baru-baru ini.
 
Keputusan China ini tergolong langka, mengingat Beijing selama ini dikenal sebagai sekutu utama rezim Pyongyang.
 
Ini adalah rencangan substantif, panjang, penuh yang saya harap akan diadopsi dalam beberapa hari mendatang. Ada sejumlah besar poin penyumbatan antara kedua negara. Ada kesepakatan antara kedua negara,” kata seorang utusan senior DewanKeamanan PBB yang menolak diidentifikasi, kepada ReutersKamis (25/2/2016).
 
Draft sanksi terbaru untuk Korut itu akan disampaikan kepada 15 anggota Dewan Keamanan PBB dalam beberapa hari mendatang. Draft itu diharapkan disetujui secara mutlak.
 
Resolusi DK PBB ini kemungkinan akan menyasar beberapa individu dan entitas yang terhubung dengan rezim dan kegiatan nuklir Korut.
 
Kesepakatan China dengan AS untuk menyusun rancangan sanksi keras terhadap Korut itu terjadi ketika Menteri Luar Negeri China, Wang Yi melakukan kunjugan tiga hari ke AS. Para diplomat yang terlibat dalam negosiasi telah berbicara dalam kondisi anonim untuk menegaskan bahwa kesepakatan AS dan China itu sudah tercapai.
 
Gedung Putih juga mengkonfirmasi kesepakatan itu, setelah pertemuan antara Wang Yi dan Penasihat Keamanan Nasional AS, Susan Rice.
 
Kedua pihak menyepakati pentingnya respon internasional yang kuat dan bersatu untuk melawan provokasi Korea Utara, termasuk melalui Resolusi Dewan Keamanan PBB yang melampaui resolusi sebelumnya,” bunyi pernyataan Gedung Putih.
 
Mereka sepakat bahwa mereka tidak akan menerima Korea Utara sebagai negarabersenjata nuklir,” lanjut Gedung Putih.
 

R24/dwi/sin 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 14:08 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru