riau24 Ditemukan Tiga Air Terjun Baru di Kuansing | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Ditemukan Tiga Air Terjun Baru di Kuansing

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Ditemukan Tiga Air Terjun Baru di Kuansing
Kuansing, Riau24.com - Panorama alam yang dimiliki Kabupaten Kuantan Singingi memang sangat indah dan memiliki pesona yang tidak kalah dibanding dengan daerah lainnya. Buktinya saja kuansing memiliki banyak potensi obyek wisata baik obyek wisata alam, budaya maupun sejarah.

Bahkan baru-baru ini, di Kuansing telah ditemukan Air Terjun baru di tiga lokasi yang berbeda, yakni Air Terjun di Sungai Kandis Desa Sungai kelelawar Kecamatan Hulu Kuantan, Air Terjun Sungai Danalu Desa Pantai dan Air Terjun Satu Tingkat di Kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh Kecamatan Kuantan Mudik.

Bahkan sebelumnya juga telah ditemukan tiga buah air terjun di Kecamatan Singingi dengan nama Air Terjun Hulu Lembu, Air Terjun Gemuruh dan Air Terjun Sikonda. Air terjun Hulu Lembu berada di
Kelurahan Muara Lembu atau jalan lintas Pekanbaru - Teluk Kuantan, dan dapat di tempuh dalam waktu 45 menit dengan kenderaan roda dua dan roda empat dan 15 menit jalan kaki.

Sedangkan Air Terjun Sungai Gemuruh terdapat di desa Pulau Padang, dengan jarak tempuh dari Kelurahan Muara Lembu ibukota kecamatan Singingi selama 45 menit naik motor melalui desa Pulau Padang, Sumacang, belok kanan masuk hutan, kebun sawit sampai di lokasi air terjun. Kemudian Air Terjun Sikonda sebanyak dua tingkat, terletak di desa Pangkalan Indarung. Melalui kelurahan Muara Lembu, desa Pulau Padang, dan desa Pangkalan Indarungda dua tingkat.

Begitu juga Air Terjun Sungai Kandis di Desa Sungai Kelelawar Kecamatan Hulu Kuantan sebanyak lima tingkat, yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki sepanjang tiga kilometer, menuju ke kawasan Hutan Lindung Bukit betabuh. Selain itu juga ada Air Terjun Sungai Danalu yang berada di Desa Pantai dengan ketinggian tiga tingkat, serta Air Terjun Satu Tingkat di Kawasan Hutan Lindung Bukit betabuh Kecamatan Kuantan Mudik.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan olahraga Kabupaten Kuantan Singingi, Marwan, S.Pd, MM yang dihubungi Kamis (25/2) belum mengetahui hal tersebut. namun nantinya akan melakukan inventarisir atau peninjauan ke seluruh air terjun yang baru ditemukan oleh masyarakat.

" Kita memang belum mengetahuinya, akan tetapi akan melakukan inventarisir atau kunjungan ke seluruh air terjun yang baru ditemukan masyarakat," paparnya.

Sebab objek wisata tiga air terjun ini sangat berpotensi menjadi objek wisata unggulan, meski Dinas Parbudpora masih memfokuskan ke objek wisata unggulan seperti air terjun Guruh Gemurai di desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik dan air terjun tujuh tingkat Batang Koban di Kecamatan Hulu Kuantan, serta Sumber Air Panas di Desa Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan, tukasnya. 


R24/red/zar 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru