riau24 Jalan Poros Alai – Mengkikip Ditargetkan Rampung Tahun Ini | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Mendapat Bantuan Anggaran Rp 50 Miliyar

Jalan Poros Alai – Mengkikip Ditargetkan Rampung Tahun Ini

0
Berita Riau -  Jalan Poros Alai – Mengkikip Ditargetkan Rampung Tahun Ini
Meranti, Riau24.com - Kelanjutan proyek jalan poros Alai – Mengkikip Kecamatan Tebing Tinggi Barat mendapat perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti dan Pemprov Riau, dimana jalan tersebut kembali mendapat bantuan kucuran dana sebesar Rp 50 Miliyar dari Pemprov Riau dan Pemkab Meranti, sehingga ditargetkan jalan tersebut rampung dibangun tahun ini.

Belum lama ini, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H. Said Hasyim dan rombongan dari dinas terkait Pemprov Riau pun meninjau kondisi jalan tersebut di ruas Desa Tanjung Peranap. Selain itu, mendampingi Wabup Meranti juga diikuti Asisten Administrasi Umum, Tengku Akhrial, Camat Tebing Tinggi Barat, Rizky Hidayat, Kades Tanjung Peranap, Aswandi dan pejabat dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Bappeda Kepulauan Meranti.

Adapun rombongan dari Pemprov Riau dihadiri dari Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum (PU), dan Bappeda Provinsi Riau. Kedatangan mereka guna melakukan survei lanjutan dan memastikan bantuan anggaran sebesar Rp 50 Miliyar untuk proyek tersebut betul-betul teralisasi dengan maksimal dan sesuai yang diharapkan.

“Kita akui kondisi jalan ini sangat memprihatinkan. Kita juga harus memaklumi kondisi tanah di ruas-ruas yang rusak tersebut sangat labil karena merupakan gambut yang dalam. Namun proyek jalan ini akan jadi prioritas kita pada tahun ini. Kita akan lakukan kajian untuk
menuntaskannya,” kata Wakil Bupati Meranti, Drs H. Said Hasyim kepada sejumlah media di Selatpanjang, Jum’at (26/2/2016).

Namun demikian, H. Said Hasyim menegaskan agar teknis pelaksanaan pembangunan harus sesuai aturan. Selain itu juga harus dipastikan jalan yang dibangun bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat banyak, pungkasnya.

Sementara itu, Camat Tebing Tinggi Barat, Rizky Hidayat mengatakan ada sekitar 12 kilometer kondisi jalan tersebut yang kurang baik yakni mulai dari Desa Kundur menuju Desa Mengkikip. Dari jumlah itu sekitar lima kilometer kondisinya cukup parah karena keadaan tanahnya yang
sangat labil.

“Jalan poros ini melewati beberapa Desa mulai Desa Alai, Batang Malas, Kundur, Tanjung Peranap dan Desa Mengkikip. Nah, kondisi Alai-Kundur sudah lumayan demikian juga Tanjung Peranap-Mengkikip. Oleh sebab itu, kondisi yang tidak bagus itu ruas dari Kundur ke Tanjung Peranap saja yang perlu perbaikan,” jelas Rizky mengungkapkan.

Berdasarkan pantauan, kondisi badan jalan berupa base batu dan pasir tampak berlobang. Selain itu ada ruas yang terendam air. Terlihat air dari parit di kiri kanan naik ke badan jalan.

Wakil Bupati H. Said Hasyim dan rombongan pun mencoba melalui jalan tersebut menggunakan sepeda motor. Di beberapa titik, kendaraan roda dua itu terbenam hingga ke paras mesin.


R24/red/ndi 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru