riau24 Usut Pemalsuan Tanda Tangan Setnov, MKD Akan Periksa CCTV Paripurna | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Usut Pemalsuan Tanda Tangan Setnov, MKD Akan Periksa CCTV Paripurna

1
Setya Novanto penuhi panggilan Kejagung
Berita Riau -  Usut Pemalsuan Tanda Tangan Setnov, MKD Akan Periksa CCTV Paripurna

Riau24.com - Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya siap membuka rekaman kamera pengintai atau CCTV untuk mengetahui pelaku dugaan pemalsuan tanda tangan di absensi Ketua Fraksi Partai Golkar Setya Novanto.

"Bisa melalui (rekaman) CCTV paling bagus," kata Dasco dikutip dari Antara, Jumat (26/2).

Menurut dia, melalui CCTV itu, dapat diketahui secara pasti pelakunya, apakah orang suruhan Novanto atau ada pihak yang sengaja untuk memancing perhatian publik. Dia mengatakan, dalam proses verifikasi, pihaknya akan bertanya kepada Kesekjenan DPR karena tiap absensi fraksi ada satu orang staf yang mengawasinya.

Menurut dia, seharusnya staf Kesekjenan mengawasi secara ketat absensi tersebut karena untuk memastikan absensi di tanda tangani oleh anggota DPR bersangkutan.

"Mereka (staf Kesekjenan DPR) biasanya memastikan, kan bisa saja mereka lagi mengobrol lalu kecolongan," katanya.

Dasco menjelaskan, perhatian yang tinggi dari masyarakat khususnya media sosial menjadi dasar bagi Mahkamah Kehormatan Dewan untuk memproses dugaan absensi palsu tersebut.

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan, MKD saat ini sedang memverifikasi kasus tersebut meskipun tanpa aduan namun berdasarkan kuatnya perhatian masyarakat di media sosial.

"Dalam kasus dugaan absensi palsu maupun pelaporan jet pribadi, kami dalam proses verifikasi yaitu telaah mendalam karena suhu politik di internal Golkar semakin 'panas' jelang Munas," katanya.

Menurut dia, tindak lanjut dugaan pelanggaran yang dilakukan Novanto merupakan bentuk tanggung jawab MKD dalam menjaga martabat dan kehormatan anggota parlemen.

Dasco enggan berspekulasi soal tanda tangan palsu Novanto dalam lembar absen rapat paripurna DPR, Selasa (23/2) lalu, merupakan tindakan sengaja atau tidak.

"Pak Novanto maju sebagai salah satu calon. Bisa saja, ada yang sengaja menandatangani, lalu menyebar foto itu untuk memancing perhatian dan menjatuhkan dia," ujarnya.

Dasco juga memastikan MKD tidak ingin dijadikan alat politisasi dalam kasus pelaporan pesawat jet maupun dugaan pemalsuan tanda tangan.


R24/dwi/mer 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 17:21 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru