riau24 Pemprov DKI: Saat Hujan Genangan Muncul, Saluran Air Tersumbat Sampah | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Pemprov DKI: Saat Hujan Genangan Muncul, Saluran Air Tersumbat Sampah

2
Berita Riau -  Pemprov DKI: Saat Hujan Genangan Muncul, Saluran Air Tersumbat Sampah
 
Jakarta, Riau24.com - Kadis Tata Air Pemprov DKI Jakarta, Teguh Hendarwan menyebut genangan air kerap muncul setelah hujan karena saluran air tersumbat sampah. Bukan cuma sampah, jaringan kabel bawah tanah (utilitas) disebut ikut menghambat arus air. 
 
"Benar yang disampaikan Pak Gubernur, genangan muncul karena utilitas terbentur menghalangi jalur air. Belum lagi tersangkut sampah. Main buang saja, dibersihin kotor lagi," ujar Teguh saat dihubungi detikcom.
 
Dikatakanya, perilaku membuang sampah sembarangan di Ibu Kota ini, menurut mantan Camat Pulogadung ini perlu diubah. Bila perilaku negatif ini tetap berlanjut, maka apa yang dikerjakan oleh petugas Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) akan sia-sia.
 
"Tidak hanya perilaku buang sampah sembarangan, tapi ada warga yang mengubah fungsi saluran air di sekitar wilayahnya sehingga genangan muncul lagi. Maka, kembalikan fungsi air sebagai jalan air. Kalau saluran air ditutup, dijadikan parkir motor dan bangunan liar, gimana mau berfungsi," katanya.
 
Jadi sebutnya, jangan sampai itu warga mengadu kebanjiran, tapi got salurannya dirubah. Tentu ini apa artinya PPSU dan PHL dari Tata Air dan Kebersihan. Jikalau pola masyarakat kayak gitu. Inikan sama saja bohong.
 
Sementara itu Kadis Kebersihan DKI Isnawa Adji mengaku pihaknya baru mengetahui ada sampah bekas kabel di saluran air yang menjadi penghambat. Mantan Camat Tambora ini menduga sisa-sisa kabel itu merupakan 'warisan' dari kontraktor-kontraktor perusahaan yang tidak bertanggungjawab.
 
"Masalah sampah bekas kabel di got memang baru kita ketahui. Mungkin itu kerjaan proyek, bekas kabel jaringan utilitas yang pimpronya enggak beres dan enggak bertanggungjawab. Harusnya pimpro kabel itu tanggung jawab terhadap limbah atau sampahnya," kata Isnawa saat dihubungi.
 
Genangan air yang muncul usai hujan deras membuat Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) heran bukan kepalang. Ahok mendapat laporan soal jalan di dekat kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat,  tergenang pada Jumat (26/2) setelah hujan semalaman. 
 
"Setelah dicek, ternyata banyak tumpukan bekas kabel itu yang menyumbat aliran air di dalam selokan atau got," kata Ahok lalu membuka telepon genggamnya dan menunjukkan foto bekas bungkus kabel yang diangkut dari got. 
 
R24/rul/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Senin, 06 November 2017 23:38 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/cxXuCWP.jpg
Dasrun Kosim
Jumat, 04 Maret 2016 22:58 wib
ahmad dhani mau jadi gubernur, gak ada orang lagi apa di PKB
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru