riau24 JK: Masih Ada Waktu 6 Bulan Bahas Tax Amnesty | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

JK: Masih Ada Waktu 6 Bulan Bahas Tax Amnesty

0
Ilustrasi
Berita Riau -  JK: Masih Ada Waktu 6 Bulan Bahas Tax Amnesty

JAKARTA, Riau24.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang pengampunan pajak atau tax amnesty dapat dibahas di masa sidang DPR berikutnya.

"Mudah-mudahan masa sidang yang akan datang akan diselesaikan, masih ada waktu enam bulan," kata JK.

Dengan ditundanya pembahasan RUU tersebut, maka pengeluaran Pemerintah dalam anggaran pendapatan dan belanja (APBN) perubahan Tahun 2016 harus disesuaikan.

"APBNP itu akan disesuaikan dengan kondisi hari ini. Jadi memang bisa saja kalau penerimaan perkiraan pajak menurun, ya itu pengeluaran harus disesuaikan," jelsnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, rencana pengampunan pajak menjadi alasan dominan dalam pengajuan RAPBN-P sehingga revisi angka penerimaan pajak sangat tergantung pada keberhasilan pemerintah dalam melaksanakan kebijakan tersebut.

Kemungkinan revisi target penerimaan pajak dari yang tercantum dalam APBN sebesar Rp1.360,1 triliun itu juga disebabkan oleh perubahan asumsi harga ICP minyak serta turunnya harga komoditas.

Namun, bila pengampunan pajak tidak sepenuhnya berhasil mendorong penerimaan dan pendapatan dari sektor migas terganggu, maka Pemerintah juga menyiapkan skenario pesimistis dalam revisi anggaran, yaitu melakukan pemotongan belanja.

"Kami harus membuat penerimaan lebih tepat. Kalau lebih pesimistis dengan tidak ada tax amnesty dan penerimaan migas, pasti ada pemotongan belanja, bisa KL atau daerah yang tentunya bisa menganggu pertumbuhan ekonomi," ujar Bambang.

Terkait dengan waktu yang tepat untuk pengajuan RAPBN-P ini, Bambang tidak mengatakan secara detail. Akan tetapi, hal itu masih menunggu selesainya pembahasan UU Pengampunan Pajak antara pemerintah dan DPR RI.


R24/dwi/oke 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru